Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Innova, Jokowi Ternyata Pelihara Mercy, Juke, Livina dan Espass

Kompas.com - 16/08/2018, 14:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selaku salah satu bakal calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2019, Presiden Joko Widodo belum lama ini menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Dalam dokumen LHKPN yang dirilis per 14 Agustus 2018, Jokowi tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp 50,2 miliar.

Dari total keseluruhan kekayaan, Jokowi tercatat memiliki aset dalam bentuk alat transportasi sebesar Rp 1,08 miliar. Dari jumlah tersebut, Jokowi tercatat memiliki 12 kendaraan pribadi. Dua belas kendaraan yang dimiliki Jokowi masing-masing terdiri atas empat minibus, satu crossover, tiga kendaraan niaga, dua sepeda motor, dan dua sedan.

Khusus untuk dua kendaraan terakhir, dua-duanya bermerek Mercedes-Benz. Masing-masing tahun keluaran 1996 warna merah dengan nilai ditaksir Rp 60 juta, dan 2004 warna hitam dengan nilai Rp 175 juta.

Baca juga: Untuk Ukuran Triliuner, Mobil Sandiaga Biasa-biasa Saja

Salah satu sedan Mercedes Benz pribadi yang dimiliki Presiden Joko Widodo. Mobil ini merupakan bagian dari fasilitas bagi calon pengantin yang menyewa tempat resepsi di Gedung Graha Saba Buana milik Jokowi.Chili Pari untuk Kompas.com Salah satu sedan Mercedes Benz pribadi yang dimiliki Presiden Joko Widodo. Mobil ini merupakan bagian dari fasilitas bagi calon pengantin yang menyewa tempat resepsi di Gedung Graha Saba Buana milik Jokowi.

Pada 2014 silam, Jokowi sempat ditanyakan para wartawan seputar dua sedan tersebut. Saat itu, Jokowi mengatakan bahwa mobil tersebut merupakan bagian dari fasilitas untuk pengantin yang menyewa tempat resepsi di gedung miliknya, yakni Graha Saba Buana di Solo.

Saat ini, kedua mobil tersebut digunakan oleh Chili Pari. Chili Pari adalah perusahaan katering milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming yang juga melayani katering untuk acara pernikahan.

Untuk 10 kendaraan lainnya yang dimiliki Jokowi, hampir semuanya merupakan tipe kendaraan yang umum digunakan oleh masyarakat. Kecuali salah satu motor modifikasi custom Royal Enfield bergaya chopperland yang dibelinya dari bengkel Elders Garage pada akhir 2017 silam. Dalam dokumen LHKPN, nilai motor tersebut ditaksir sebesar Rp 140 juta.

Baca juga: Prabowo Subianto Ternyata Pencinta SUV

Presiden Joko Widodo memperlihatkan motor modifikasi bergaya chopperland miliknya kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pertemuan di Istana Bogor, Sabtu (24/3/2018).Instagram/airlanggahartarto Presiden Joko Widodo memperlihatkan motor modifikasi bergaya chopperland miliknya kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pertemuan di Istana Bogor, Sabtu (24/3/2018).

Berikut daftar lengkap kendaraan yang dimiliki oleh Jokowi:

1. Suzuki pikap tahun 1997 dengan nilai ditaksir Rp 10 juta.*
2. Isuzu truk tahun 2002 dengan nilai ditaksir Rp 60 juta.*
3. Yamaha Vega tahun 2001 dengan nilai ditaksir Rp 2,5 juta.
4. Mercedes Benz sedan tahun 2004 dengan nilai ditaksir Rp 175 juta.*
5. Mercedes Benz sedan tahun 1996 dengan nilai ditaksir Rp 60 juta.*
6. Isuzu truk tahun 2002 dengan nilai ditaksir RP 60 juta.*
7. Daihatsu Espass tahun 1997 dengan nilai ditaksir Rp 25 juta.
8. Nissan Grand Livina tahun 2010 dengan nilai ditaksir Rp 125 juta.
9. Isuzu Panther tahun 1996 dengan nilai ditaksir Rp 36 juta.
10. Toyota Kijang Innova tahun 2011 dengan nilai ditaksir Rp 170 juta.
11. Nissan Juke tahun 2012 dengan nilai ditaksir Rp 220 juta.
12. Royal Enfield modifikasi chopperland tahun 2017 dengan nilai ditaksir Rp 140 juta.

* tak disebutkan tipenya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com