Ini Wujud Ayla Turbo, Tenaganya Bisa Sentuh 200 PS - Kompas.com

Ini Wujud Ayla Turbo, Tenaganya Bisa Sentuh 200 PS

Kompas.com - 05/08/2018, 19:36 WIB
Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada penampilannya kali ini di GIIAS 2018, tak hanya menghadirkan mobil-mobil kei car (mobil kecil) yang eksis di Jepang, tapi kali ini mulai lebih galak dengan hadirkan produk eksperimen divisi R&D mereka, Ayla Turbo.

Mengikuti tren Turbo Aspirated yang sedang booming dan mulai mainstream, Ayla Turbo memperlihatkan transformasi mobil kota murah yang standar, menjadi kendaraan yang sporty dan racy.

Konsep yang diusung adalah Thrilling Simplicity, di mana setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal.

Baca juga: Daihatsu Mulai Pamer Teknologi Kendaraan “Hybrid”

Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.

Paling menakjubkannya, kata Amel, performa Ayla Turbo ini bisa mencapai 200PS. Padahal tipe standar, hanya mampu mengeluarkan tenaga 65PS (tipe D, D+, M, X) dan 88PS (X, R).

“Ini untuk edukasi saja. Kita setiap tahun melakukan dress up challenge, dan ini salah satu contoh saja buat konsumen. Jadi mobil Ayla bisa dimodifikasi seperti apa saja termasuk turbo,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, Kamis (2/8/2018).

Model ini dikembangkan oleh tim Research & Development (R&D) ADM di Indonesia, selain lebih bertenaga juga irit bahan bakar, dengan emisi gas buang yang semakin baik.

Tak hanya soal performa mesin Ayla Turbo mengalami ubahan juga pada styling eksteriornya. Berbeda dengan New Ayla sebelumnya, versi turbo ini dilengkapi dengan velg 15 inci, membuat handling saat bermanuver pada kecepatan tinggi lebih stabil, tanpa mengurangi tenaga.

Baca juga: Daihatsu Terios Varian Baru Meluncur, Ini Harganya

Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018.

Selain itu, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid, meningkatkan stability dan mencegah terjadinya body roll. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler, demi menghindari suhu mesin yang terlalu panas.

“Daihatsu selalu konsisten mengembangkan dan menampilkan mobil konsep. Kali ini, kami bawa mobil konsep Ayla Turbo. Harapannya ini bisa jadi inspirasi bagi industri otomotif Tanah Air, dan menunjukkan kemampuan R&D Daihatsu,” ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM.



Close Ads X