Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kolaborasi Toyota-Daihatsu Mungkin Tak Lagi Kembar

Kompas.com - 31/07/2018, 17:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu tercatat sudah beberapa kali berkolabotasi membuat duet mobil kembar. Contohnya seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Calya-Sigra, ataupun Agya-Ayla.

Kolaborasi dua produsen yang memang berstatus sister company ini disebut terus berlanjut ke depannya. Namun ada kemungkinan pada kolaborasi ke depannya, keduanya tak lagi membuat mobil kembar.

"Nanti ke depan apakah produk dibedakan secara model, itu bisa. Kita lagi berpikir supaya bisa dilakukan pembedaan," kata Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (30/7/2018).

Baca juga: Penerus Avanza-Xenia, Kapan Versi Produksinya?

All-New Daihatsu Terios Febri Ardani/KompasOtomotif All-New Daihatsu Terios

Dalam kolaborasi selama ini, mobil kembar Toyota dan Daihatsu bisa dibilang hampir sama 100 persen. Perbedaan hanya terletak pada emblem dan fitur.

Namun ke depannya, Soerjo menyebut produk yang dibuat bisa sama sekali berbeda. Tak cuma model dan bentuk, tapi juga platformnya.

Baca juga: Reaksi Pasar Mobkas soal Rush-Terios Baru

"Seperti contohnya, sama-sama smartphone, tapi yang satu Oppo, yang satunya Samsung. Kira-kira begitu," ucap Soerjo mengibaratkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com