Empat Dekade Absen, MV Agusta Kembali ke MotoGP - Kompas.com

Empat Dekade Absen, MV Agusta Kembali ke MotoGP

Kompas.com - 31/07/2018, 09:42 WIB
MV Agusta masuk Moto2 tahun depan 2019.CRASH.net MV Agusta masuk Moto2 tahun depan 2019.

 

VARESE, KOMPAS.com – Pabrikan sepeda motor sport mewah asal Italia, MV Agusta, kembali ke trek balap grand prix setelah 42 tahun absen. Di mulai musim depan, mereka akan masuk dahulu di kelas Moto2, bersama dengan Forward Racing.

Mereka rencananya bakal menggunakan rangka teralis baja dengan pelat sisi samping aluminium, begitu juga dengan swingarm, dan suspensi akan menggunakan Ohlins. Komponen tersebut untuk mengimbangi mesin Triumph 765cc, yang akan mengisi mesin di seluruh motor Moto2, menggantikan pasokan dari Honda.

"Saya sangat bangga melihat mimpi untuk kembali bergabung dengan Kejuaraan Dunia Sepeda Motor menjadi kenyataan," ujar Giovanni Castiglioni, Presiden MV Agusta, dari Crash.net, Senin (30/7/2018).

Pemilik tim Forward Racing Giovanni Cuzari menambahkan, dirinya telah mengejar mimpi untuk bersandingan dengan MV Agusta ini sejak era Castiglioni.

Baca juga: Mercedes-AMG Cerai dengan MV Agusta

MV Agusta masuk Moto2 tahun depan 2019.CRASH.net MV Agusta masuk Moto2 tahun depan 2019.

“Saya terus mendorong MV Agusta untuk kembali di MotoGP, dan ketika Castiglioni mengambil alih posisi ayahnya, saya juga sering mendorongnya untuk percaya pada proyek ambisius semacam ini. Akhirnya dia melakukannya,” ujar Cuzari.

“Hari ini, setelah 42 tahun, kami akan mengambil langkah pertama dengan prototipe Moto2 MV Agusta. Saya sangat bersemangat, tetapi tetap sadar ini hanya tamasya pertama, dan ada banyak pekerjaan di depan,” kata Cuzari.

Brian Gillen, Project Leader MV Agusta di Moto2 mengatakan, perubahan dari mesin 600cc Honda ke mesin Triumph dan pengenalan ECU Magneti-Marelli baru, membuat musim 2019 merupakan waktu sempurna untuk masuk ke Moto2.

"Proyek Moto2 adalah proyek ambisius dan kami melibatkan sumber daya R&D kami dan semua pengalaman balap kami, untuk mengembangkan sepeda yang benar-benar baru, yang berbeda dari yang lain,” ujar Gillen.

Forward Racing dan MV Agusta sampai saat ini belum mengonfirmasi siapa pebalap mereka pada 2019 nanti. Kita tunggu kabar selanjutnya.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X