Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Masa Depan, Tanpa Pengemudi

Kompas.com - 16/07/2018, 11:27 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber topgear

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil balap tanpa pengemudi mungkin jadi hal yang aneh untuk dilihat. Namun di ajang Festival of Speed Goodwood akhir pekan lalu, Roborace, mobil balap futuristik yang dikendalikan sistem AI (artificial Intelligence) berhasil menaiki bukit di festival tahunan tersebut.

Mobil balap futuristik ini menggunakan segudang peralatan canggih untuk dapat bekerja. Kamera 360 derajat digunaan untuk melihat, empat motor elektrik dengan tenaga hingga 500 tk, beragam prosesor komputer, radar, GPS, ultrasonik dan sensor kamera.

"Sirkuit di Goodwood menyajikan kesulitan level 4 sampai 5 dalam sistem berkendara tanpa pengendara. Sirkuitnya sempit dengan geometri yang komplek, belokan dan tanjakan yang tertutup banyak pohon membuat tim tidak bisa mengandalkan GPS," ucap kepala perangkat lunak Sergey Malygin seperti dikutip TopGear, Minggu (15/7/2018).

Baca juga: Dovizioso Banyak Tiru Gaya Balap Pedrosa

Roborace sendiri dalam gelaran ini belum memperlihatkan kecepatan tertingginya. Panitia penyelenggara festival membatasi Roborace untuk berjalan dengan kecepatan 120 kpj.

Roborace bukan satu-satunya mobil tanpa pengendara yang hadir di festival tahun ini. Ada Siemens Mustang 1965 yang dimodifikasi untuk memperlihatkan teknologi autonomous namun untuk berjaga-jaga mereka menyertakan pengemudi di dalamnya.

Goodwood Festival sendiri adalah ajang tahunan bagi penggemar dunia otomotif yang telah diselenggarakan sejak 1993. Menu utamanya adalah kehadiran mobil-mobil dari beragam era, model dan seri balapan. Mereka akan menaiki bukit di lintasan sempit sepanjang 1,8 kilometer dengan pengaman hanya berupa tumpukan jerami.

Mobil balap tanpa pengendara dengan sistem autonomous Roborace berhasil debut di Goodwood festivalGoodwood Mobil balap tanpa pengendara dengan sistem autonomous Roborace berhasil debut di Goodwood festival

 

See what Robocar saw on its driverless hill climb. #FOS

A post shared by Goodwood Festival of Speed (@fosgoodwood) on Jul 14, 2018 at 1:24am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com