Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Balap Masa Depan, Tanpa Pengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil balap tanpa pengemudi mungkin jadi hal yang aneh untuk dilihat. Namun di ajang Festival of Speed Goodwood akhir pekan lalu, Roborace, mobil balap futuristik yang dikendalikan sistem AI (artificial Intelligence) berhasil menaiki bukit di festival tahunan tersebut.

Mobil balap futuristik ini menggunakan segudang peralatan canggih untuk dapat bekerja. Kamera 360 derajat digunaan untuk melihat, empat motor elektrik dengan tenaga hingga 500 tk, beragam prosesor komputer, radar, GPS, ultrasonik dan sensor kamera.

"Sirkuit di Goodwood menyajikan kesulitan level 4 sampai 5 dalam sistem berkendara tanpa pengendara. Sirkuitnya sempit dengan geometri yang komplek, belokan dan tanjakan yang tertutup banyak pohon membuat tim tidak bisa mengandalkan GPS," ucap kepala perangkat lunak Sergey Malygin seperti dikutip TopGear, Minggu (15/7/2018).

Roborace sendiri dalam gelaran ini belum memperlihatkan kecepatan tertingginya. Panitia penyelenggara festival membatasi Roborace untuk berjalan dengan kecepatan 120 kpj.

Roborace bukan satu-satunya mobil tanpa pengendara yang hadir di festival tahun ini. Ada Siemens Mustang 1965 yang dimodifikasi untuk memperlihatkan teknologi autonomous namun untuk berjaga-jaga mereka menyertakan pengemudi di dalamnya.

Goodwood Festival sendiri adalah ajang tahunan bagi penggemar dunia otomotif yang telah diselenggarakan sejak 1993. Menu utamanya adalah kehadiran mobil-mobil dari beragam era, model dan seri balapan. Mereka akan menaiki bukit di lintasan sempit sepanjang 1,8 kilometer dengan pengaman hanya berupa tumpukan jerami.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/16/112700315/mobil-balap-masa-depan-tanpa-pengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke