Pakai Mobil Manual Ketemu Macet di Tanjakan Curam, Ini Tipsnya

Kompas.com - 12/06/2018, 10:26 WIB
Sejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura. Kementerian PUPRSejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura.
Penulis Alsadad Rudi
|

KUTOARJO, KOMPAS.com — Banyak pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di tanjakan curam. Apalagi, jika mobil kemudian tidak kuat menanjak saat harus berjalan.

Kondisi itulah yang terjadi di jalur darurat Kali Kenteng di ruas jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura selama musim mudik Lebaran 2018.

Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.kompas.com/ syahrul munir Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.

Menghadapi situasi semacam ini, khusus pengemudi mobil manual, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyebut ada delapan hal yang perlu dilakukan pengemudi. Kedelapan hal tersebut adalah:

1. Injak rem dalam-dalam bersamaan dengan mengaktifkan rem parkir.

2. Matikan mesin, sementara kaki masih menginjak pedal rem untuk berjaga.

3. Segera masukan transmisi ke gigi mundur (masih dalam kondisi mesin off).

4. Pastikan situasi di belakang aman dari orang maupun kendaraan lain.

5. Bersiap untuk mundur ke belakang.

6. Lepas injakan rem beserta tuas rem parkir.

7. Segera starter mesin tanpa menginjak pedal kopling. Mesin mobil akan hidup akibat besaran momentum yang diperoleh dari elevasi jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X