Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Kendaraan Listrik Akan “Booming” Kalau Murah

Kompas.com - 29/05/2018, 17:48 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama seperti banyak penerapan teknologi canggih terbaru, satu-satunya cara agar kendaraan listrik bisa dibeli banyak orang atau punya pasar besar hanya jika harganya “murah”. Astra Honda Motor (AHM) menilai hal itu akan terjadi di Indonesia, cepat atau lambat.

Ada banyak cara bikin teknologi listrik menjadi murah. Pemerintah saat ini sedang menyiapkan regulasi terkait kendaraan listrik yang disebut-sebut bakal rilis pada tahun ini juga.

AHM menyambut positif regulasi itu dan sudah menyiapkan diri menuju ke sana dengan skutik PCX Hybrid dan PCX EV (electric Vehicle).

Honda PCX Hybrid.ASTRA-HONDA.com Honda PCX Hybrid.

“Teknologi listrik itu akan booming pada saat teknologinya murah. Karena kan teknologi itu masih mahal, kalau mau dipercepat ya mesti ada yang bayar (insentif),” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Insentif dibutuhkan buat produsen, agar biaya produksi kendaraan listrik bisa ditekan atau paling tidak bisa setara produksi motor bermesin pembakaran dalam.

Di luar soal insentif, Loman juga mengingatkan masih ada hal yang perlu diperhatikan soal teknologi listrik yakni soal pengembangannya. Selain harga, masih ada tentang jarak tempuh kendaraan listrik yang belum bisa menyamai kendaraan konvensional dengan satu tangki bahan bakar terisi penuh.

“Tapi saya yakin itu akan datang (era kendaraan listrik), cuma, ‘kapan’. Tergantung teknologinya kan, Kamera digital pertama kali juga mahal, kalau sekarang sudah bagus, murah,” kata Loman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com