Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Klasik Ini Hanya Rp 700 juta-an di IIMS 2018

Kompas.com - 28/04/2018, 13:23 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain produk-produk otomotif terbaru, pengunjung pameran otomotif IIMS 2018 juga dapat menemukan hal-hal menarik di pameran tahunan tersebut.

Salah satunya adalah karya seni yang berhubungan dengan dunia otomotif dan dapat dijadikan pilihan untuk penggemar otomotif.

Ditemui di hall B IIMS 2018, PT Sumber Sejahtera Alamindo (SSA) memperlihatkan karya seni berupa mobil yang terbuat dari kayu dengan ukuran 1:1 sesuai aslinya. Mobil ini jadi perhatian pengunjung pameran sejak di hadirkan di hari pertama gelaran IIMS 2018.

"Model yang ada disini adalah Ferrari tipe 330 P4. Mobil ini dikerjakan kurang lebih selama empat bulan dengan enam orang pekerja," ucap Santoz Marcos, CEO PT SSA saat ditemui di IIMS beberapa waktu lalu.

Meski hanya berupa model dengan skala asli, mobil Ferrari ini dapat berjalan dan bergerak termasuk menggerakkan roda depan. Untuk bergerak tentu harus didorong oleh tenaga manusia.

Baca juga : Sisa Dua Hari, Karpet Mobil Pasang Diskon di IIMS 2018

Ferrari dari kayu dipamerkan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Ferrari dari kayu dipamerkan di IIMS 2018

Santoz menceritakan produk yang ia kerjakan sudah masuk ke ranah seni. Untuk itu ia menuntut pengerjannya dengan detail dan perlahan. Untuk itu harga mobil kayu bikinannya tersebut sudah mencapai angka $50.000 atau sekitar Rp 700 jutaan.

"Pasarnya itu orang Eropa dan Amerika. Jerman banyak, mereka punya taste mobil klasik. Biasanya yang punya ruang yang besar di rumahnya. Kalau orang Indonesia sangat jarang ya, karena kalau yang tidak cinta otomotif, berduit, dan ada ruang besar di rumahnya jarang," ucap Santoz.

Santoz menerima semua jenis mobil klasik untuk dibuat. Dalam portfolio pesanannya nampak mobil seperti Porsche, Bugatti dan Mercedes-Benz.

Pembuatan model mobil klasik memiliki bentuk desain yang tidak lekang waktu sehingga cocok untuk menjadi barang seni. Santoz mengungkapkan pihaknya tidak mengalami kesulitan untuk pengerjaan pesanan mobil kayu tersebut.

Baca juga : Suzuki Ignis Tampil Beda di IIMS 2018

Ferrari dari kayu dipamerkan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Ferrari dari kayu dipamerkan di IIMS 2018

"Saya lebih memilih mobil klasik karena barang antik itu ada nilai seninya semakin meningkat. Makin langka makin mahal. Pasar saya juga untuk luar negeri jadi pas mobil klasik," ucap Santoz.

Selain mobil, Santoz juga membuat sepeda motor terutama model Harley Davidson. Penggarapannya pun dituntun detail terutama bagian mesin.

"Paling diperhatikan kalau motor itu bagian blok mesin, harus detail. Pengerjaan untuk motor sekitar dua bulan. Kita banderol harga $15.000 atau sekitar Rp 200 juta lebih," ucap Santoz.

Santoz berharap dengan mengikuti pameran IIMS 2018 pengunjung dapat melihat potensi bahan kayu untuk dijadikan karya seni. Dirinya tidak mematok target jualan selama di pameran otomotif tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com