Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Vario 150 dan 125 Kini Tanpa “Kick Starter”

Kompas.com - 16/04/2018, 17:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com —  PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model baru All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125, Senin (16/4/2018). Selain desain dan penyematan fitur terbaru, ada yang menarik dari dua skutik baru ini, di mana sudah tak lagi mempunyai kick starter.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, hilangnya kick starter karena mengikuti tren motor di dunia. Itu yang kemudian mulai diaplikasikan juga pada model baru Vario dan sebelumnya adalah PCX.

“Selain karena tren, seperti di motor besar, sport, hingga skuter besar, pertimbangan juga dari hasil survei yang dilakukan kepada konsumen, yakni penggunaan kick starter di skuter matik sudah berkurang,” ujar Thomas, Senin (16/4/2018).

Kemudian, kata Thomas, hilangnya kick starter juga sebenarnya karena sudah disematkannya smart key, sehingga layout motor menjadi berbeda, sehingga “engkol” menjadi tidak diperlukan.

Baca juga: AHM Luncurkan Honda Vario 150 dan 125 Terbaru

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.

“Kami juga menyematkan indikator baterai di pasang di speedometer, agar membuat konsumen lebih aware dan aman untuk mengetahui periode baterai akan habis. Jadi tidak perlu khawatir lagi dari penghilangan kick starter ini,” ucap Thomas.

Jadi, kesimpulannya, kata Thomas, kick starter dihilangkan karena, satu, secara tren, lalu survei konsumen, ketiga adanya smart key yang mengubah layout. Kemudian untuk menjaga keamanan, ada indikator atau tampilan mengenai performa aki di spidometer.

"Apakah akan diaplikasikan untuk model skutik lainnya termasuk entry level, masih dalam studi," kata Thomas.

Honda Vario 150 terbaru tanpa kick starter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 150 terbaru tanpa kick starter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com