Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Terra, Calon “Rival” Fortuner dan Pajero, Siap Gempur Asia

Kompas.com - 13/04/2018, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Produsen mobil Jepang, Nissan, resmi menjual model SUV berbasis pikap di pasar China. Ini merupakan produk pertama yang meluncur dari rencana jangka menengah, “Nissan M.O.V.E to 2022”.

Berdasarkan siaran resmi Nissan Global, Jumat (13/4/2018), setelah China, Terra juga akan dipasarkan di negara Asia lainnya. Paling mungkin, wilayah kedua setelah "Negeri Tirai Bambu" yang akan menjadi sasarannya adalah Thailand.

Terra juga kemungkinan bakal diproduksi lokal di Thailand karena segmen SUV dan pikap light commercial vehicle sangat populer. Sementara Indonesia tampaknya menunggu Terra terlebih dahulu mengaspal di sana.

Baca juga: Nissan Terra Diproduksi di Thailand, Masuk Indonesia?

Interior Nissan Terra.Dok. NISSAN Interior Nissan Terra.

Terkait pasar dalam negeri, Nissan Motor Indonesia (NMI) belum mau membuka sedikit keran informasi, soal model yang akan bertarung dengan Pajero Sport dan Fortuner ini. Meski tak seramai segmen LSUV, medium SUV juga masih cukup banyak peminatnya.

“Mohon maaf kami tidak bisa menanggapi berita untuk model-model baru yang belum dijual di sini. Kami tidak bisa komentar pertanyaan model baru,” ujar Hana Maharani Head of Communication NMI kepada Kompas.com, Jumat (13/4/2018).

Sekilas spesifikasi Nissan Terra di pasar China menggunakan mesin bensin QR25 dengan tenaga sampai 135kW@6.000rpm (180tk), sementara torsinya 251Nm@4.000rpm. Terkait dengan dimensinya, Terra punya panjang 4.882mm, lebar 1.850mm, dan tinggi 1.835mm, dengan ground clearance  225mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com