Standar EURO IV Persiapan Menuju Era Kendaraan Listrik

Kompas.com - 31/03/2018, 18:02 WIB
Standar emisi Euro IV. motorcyclelife.com.auStandar emisi Euro IV.
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia diketahui sedang menyiapkan Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan. Peraturan ini merupakan persiapan jangka panjang guna menyambut tibanya era kendaraan listrik.

Namun sebelum masuknya era kendaraan listrik, Indonesia akan memulai lebih dulu era standar emisi EURO IV. Ini merupakan era yang akan menggantikan standar emisi EURO II yang sampai saat ini masih berlaku di Indonesia.

Baca juga : Ini Bedanya Euro IV dengan Euro II

"Untuk komitmen jangka pendek, kita sedang menuju persiapan EURO IV. Jadi dari EURO IV, baru nantinya menuju electric vehicle," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Indonesia dan Vietnam tertinggal jauh terkait pentapan Euro IV.ICCT Indonesia dan Vietnam tertinggal jauh terkait pentapan Euro IV.

Aturan emisi Euro IV sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara diesel efektif pada 10 Maret 2021. Penerapan Euro IV bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Penerapan standar emisi EURO IV akan berlaku di seluruh Indonesia. Kendaraan yang masih memiliki teknologi Standar Emisi Euro II tetap akan bisa menggunakan bahan bakar Standar Emisi Euro IV.

Baca juga : Pertamina Sudah Hasilkan BBM Euro IV

"Industri-industri sekarang sudah mulai menyiapkan produk untuk EURO IV, baik untuk mesin bensin ataupun diesel," ucap Airlangga.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X