Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhatan Hino soal Regulasi Emisi Euro IV

Kompas.com - 11/06/2017, 17:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah berwacana menerapkan standar emisi Euro IV di Indonesia. Tak hanya untuk kendaaran penumpang, kelak aturan itu juga membidik kendaraan komersial. Hino pun ”berteriak”, menyangsikan kesiapan pemerintah jika diberlakukan dalam waktu dekat.

Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), (6/6/2017), di Jakarta, menanyakan arah pemerintah memberlakukan batasan emisi ini. ”Kalau di situ tercantum, bahwa setelah disahkan langsung diterapkan, siap nggak?” ujarnya.

Maksudnya, Santiko menanyakan soal infrastruktur untuk mendukung standar emisi Euro IV. Mulai dari bahan bakar yang mendukung, dalam hal ini solar yang digunakan kebanyakan pemain kendaraan niaga. Kendati demikian, jika ditanya apakah Hino siap, dengan tegas dirinya mengatakan ”ya”.

”Tapi, kami ingin aturan yang jelas, reasonable. Kami kan bukan importir, kami punya orang 2.500 orang di Cikampek, Hino Motor Manufacturing Indonesia. Produksi Indonesia, kan butuh persiapan. Koordinasi lah antara pemerintah dan produsen supaya inline,” ujar Santiko.

Dirinya meyaikini bahwa untuk mengubah standar emisi tak semudah itu. Tanggung jawab HMSI sebagai produsen juga dianggap sangat besar. Santiko menegaskan posisi HMSI yang bukanlah importir, jika ada masalah terus ditinggal.

”Kami ini sudah 35 tahun di Indonesia. Soal Euro IV haru tahun depan, kami sudah bicara, dan diwakili Gaikindo. Tapi sepertinya belum ada titik temu dengan pemerintah,” kata Santiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com