Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Sudah Hasilkan BBM Euro IV

Kompas.com - 24/07/2017, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Melalui kilang minyak di Balongan, Jawa Barat, PT Pertamina (Persero) dikabarkan sukses memproduksi bahan bakar minyak (BBM) Low Sulfur High Quality berstandar Euro IV. Untuk jenis BBM yang dihasilkan adalah Pertamax dan Pertamax Turbo.

Baca : Pertamina Mau Langsung Menuju Euro V

Kedua jenis BBM Ron 92 dan Ron 98 Low Sulfur High Quality ini sudah diserahterima ke Manager Fuel Retail Marketing MOR III sekaligus Pjs GM MOR III Nurhadiya, secara simbolis oleh General Manager Pertamina RU VI Balongan Joko Widi Wijayanto, Jumat (21/7).

Direktur Pengolahan Pertamina Toharso, mengaku sangat mengapresiasi peningkatan yang dilakukan RU VI Balongan. Menurutnya, langkah ini menjadi implementasi dari regulasi No.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Komponen blending Pertamax Turbo Low sulfur terdiri dari Polygasoline ex Unit 20 (Catalytic Condensation Unit) sebesar 42 persen, HOMC ex KLBB 33 persen dan RCC Naptha sebesar 25 persen dengan kemampuan produksi Pertamax Turbo Low sulfur High Quality 60 MB per bulan. Sementara komponen blending Pertamax 92 Low Sulfur High Quality terdiri dari RCC Naptha 44 persen dan HOMC ex KLBB sebesar 56 persen dengan kemampuan produksi Pertamax Low sulfur kurang lebih 700 MB per bulan serta pemenuhan komitmen premium sebesar kurang lebih 1300 MB.

Semakin banyak orang yang menggunakan bensin non subsidi.Kontan/Muradi Semakin banyak orang yang menggunakan bensin non subsidi.

"Produksi Pertamax Turbo dan Pertamax 92 Low Sulfur High Quality di RU VI Balongan merupakan salah satu bentuk komitmen PT Pertamina (Persero) dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar yang syarat akan nilai-nilai lingkungan hidup. Manajemen RU VI Balongan sangat tertantang untuk mendukung produksi bahan bakar low sulfur berjalan tepat waktu dan mencapai target yang diharapkan," ucap Joko dalam siaran resminya, Senin (24/7/2017).

Baca : BBM Euro IV Pertamina Siap, Bagaiman dengan Masyarakat?

Terciptanya produk ini tidak terlepas dari kerjasama, ketekunan dan kekompakan semua stakeholder yang terlibat seperti fungsi Produksi, Engineering and Development, Laboratorium, Refinery Planning and Optimization (RPO), serta Maintenance Planning and Support (MPS) RU VI Balongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com