Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria Mobil Tua Bisa Disebut Mobil Kuno

Kompas.com - 05/03/2018, 16:54 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Tidak semua mobil tua bisa disebut mobil kuno. Ada pembatasan kriteria tertentu yang membuat mobil tua layak disebut mobil kuno.

Di Indonesia sendiri, para penggemar mobil kuno membentuk perkumpulan yang dinamakan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Di perkumpulan tersebut, sebuah mobil layak disebut kuno jika sudah berusia minimal 40 tahun dari tahun berjalan.

Baca juga : PPMKI Rancang Kriteria Harga Mobil Tua

"Klasifikasi ini digunakan PPMKI untuk kegiatan reli atau pameran. Maksudnya tidak fair kalau reli, mobil berusia di bawah tahun 1979 diadu dengan mobil buatan tahun 1980-an," kata Sekretaris Jenderal PPMKI Em Samudera di Jakarta, Minggu (5/3/2018).

Deretan mobil klasik yang hadir di acara Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Jakarta, Minggu (4/3/2018).Kompas.com/Alsadad RUdi Deretan mobil klasik yang hadir di acara Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Menurut Samudera, definisi kuno di tiap negara cenderung berbeda-beda. Klub penggemar mobil klasik di Amerika Serikat bahkan punya istilah "historical vehicle" untuk mobil yang diproduksi setelah tahun 1922.

"Terminologi di Jerman dan Inggris juga berbeda-beda. Setiap negara punya ukuran sendiri-sendiri. Sedangkan di Indonesia, PPMKI menerapkan patokan bahwa mobil disebut kuno kalau usianya di bawah tahun 1979," kata Samudera.

Baca juga : PPMKI Mulai Ajak Mobil 80-an dan 90-an

Ukuran sebuah mobil layak disebut kuno jika sudah berusia minimal 40 tahun, merupakan hasil kesepakatan yang tertuang dalam AD/ART PPMKI 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com