PPMKI Rancang Kriteria Harga Mobil Tua

Kompas.com - 05/03/2018, 10:42 WIB
Sejumlah mobil milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir saat acara kumpul bareng di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiSejumlah mobil milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir saat acara kumpul bareng di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Tidak seperti mobil produksi terbaru, mobil bekas dari generasi lama biasanya tidak lagi memiliki standar harga yang jelas. Biasanya harga yang ditawarkan antara penjual yang satu dengan yang lain memiliki selisih yang cukup jauh.

Atas dasar itu, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tengah berencana membuat standardisasi harga mobil tua. Standarisasi harga akan melibatkan berbagai komunitas penggemar mobil tua.

"Ke depan kita akan coba menggandeng beberapa komunitas untuk membuat kriteria harga. Supaya patokan harga itu terbentuk," kata Ketua PPMKI DKI Jakarta Cecil Silanu di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Baca juga : Mobil Tua Belum Tentu Disebut Mobil Klasik

Deretan mobil klasik milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir saat acara kumpul bareng di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil klasik milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir saat acara kumpul bareng di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018).

Cecil menyadari tidak akan mudah membuat standardisasi harga mobil tua. Sebab ada pemilik yang menilai harga sebaiknya ditentukan seberapa original mobil tersebut. Di sisi lain, ada yang tidak mempermasalahkan originalitas. Sepanjang mobil layak pakai, maka sudah selayaknya dihargai mahal.

Karena itu, Cecil menyebut para komunitas yang nantinya berhak menentukan ukuran baik atau tidak suatu mobil. Ukuran inilah yang nantinya menjadi patokan dalam penentuan harga.

Baca juga : Mobil Lawas Bisa Jadi Obyek Investasi

"Misalnya di komunitas Lancer, mobil paling bagus milik si A. Bagus atau tidaknya itu yang menetukan teman-temannya sendiri," ujar Cecil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X