Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2018, 12:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com - Mencari sepeda motor bekas bisa dilakukan dengan dua cara, yakni datang ke diler motor bekas ataupun mencari lewat situs jual beli online. Namun ada perbedaan antara keduanya.

Penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, kerap kali ditemui ada keterangan motor bekas yang masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK) sudah habis. Namun hal yang sama tidak berlaku di diler-diler motor bekas.

Dari enam diler yang Kompas.com sambangi di Depok, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, seluruh pengelolanya menjamin kejelasan masa berlaku STNK. Sebab para pengelola diler motor bekas menyatakan tak mau menjual motor yang masa berlaku STNK-nya sudah habis.

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Rabu (31/1/2018).

Salah satu faktor diler motor bekas menjamin STNK hidup, karena hampir sebagian motor bekas yang dijual adalah motor hasil lelang dari perusahaan pembiayaan atau leasing. Dalam proses lelang, para pengelola diler menyebut leasing menjamin kondisi motor yang bagus berikut kelengkapan administrasinya.

"Surat-surat dari motor lelang sudah terjamin dan tidak perlu diragukan," kata Elly, seorang tenaga pemasaran di diler Sukses Motor, Pancoran Mas, Depok pada Jumat (2/1/2018).

Jaminan masa berlaku STNK tidak hanya berlaku untuk motor hasil lelang, tapi juga motor yang dibeli dari individu. Pengelola diler motor bekas menyatakan hanya mau membeli dan menjual motor yang surat-suratnya jelas, salah satunya masih berlakunya STNK.

Jadi para pemilik motor yang STNK-nya sudah mati disarankan mengurus lebih dulu pajak, jika ingin motornya dibeli dengan harga wajar. Sebab pengelola diler enggan direpotkan dengan mengurus lebih dulu STNK motor yang sudah mati.

Salah satu Ninja 2 Tak tipe R yang dijual di diler motor bekas Tria Motor di Sukmajaya, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Ninja 2 Tak tipe R yang dijual di diler motor bekas Tria Motor di Sukmajaya, Depok, Rabu (31/1/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.