Bukti Sulitnya Mengukur Harga Jual RX King

Kompas.com - 02/02/2018, 16:31 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com - Yamaha RX King merupakan sepeda motor lansiran lawas yang belakangan marak dicari lagi. Namun tidak semua diler motor bekas mau menjualnya. Salah satu faktornya karena sulitnya mengukur harga jual motor yang sudah distop produksinya sejak 2009 ini.

Baca juga : Harga RX King Sulit Diukur

Pengakuan tersebut ternyata benar adanya. Tidak seperti motor bekas lainnya yang rentang harganya masih terukur berdasarkan usia dan kondisi standar atau tidaknya motor, tidak demikian dengan RX King.

Walaupun dengan kondisi yang sama, RX King lansiran tahun 1996 dan 2002 bahkan punya selisih harga yang tipis. Kalaupun ada dua RX King dengan usia yang sama, harga jual antara satu penjual dengan penjual lain bisa berbeda jauh. Kondisi motor yang sudah dimodifikasi juga tidak mempemgaruhi harga jual RX King.

Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.

Kondisi itulah yang Kompas.com temui dari beberapa diler motor bekas yang ada di Depok dan Jakarta Timur. Salah satu diler motor bekas yang menjual RX King adalah Yanto Motor di Tanah Baru, Depok. Pada Kamis (1/2/2018), tampak ada dua unit RX King yang dipajang untuk dijual. Masing-masing lansiran tahun 2002 dan 2005.

Keduanya dalam kondisi standar dengan pajak yang masih hidup. Menurut salah seorang petugas penjual, RX King diler tersebut dibanderol dengan harga Rp 12,5 juta untuk lansiran 2002 dan Rp 17,5 juta untuk lansiran 2005.

"Masih bisa nego," kata petugas tersebut.

4 Unit Motor RX King bekas milik Andreas, penjual motor bekas Pelangi motor yang berlokasi di bilangan Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur.Fachri Fachrudin 4 Unit Motor RX King bekas milik Andreas, penjual motor bekas Pelangi motor yang berlokasi di bilangan Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Diler motor bekas lainnya yang juga masih mau menjual RX King adalah Pelangi Motor di Jatinegara, Jakarta Timur. Di diler ini, tercatat ada lima unit RX King. Salah satunya lansiran tahun 1996 yang masih kondisi standar dengan pajak hidup.

RX King lansiran 1996 di Pelangi Motor ditawarkan dengan harga Rp 11 juta, alias hanya selisih Rp 1,5 juta dari RX King 2002 di diler yang ada di Depok.

Di Pelangi Motor, ada pula RX King lansiran 2002. Namun harga jualnya mencapai Rp 19 juta. RX King 2002 di Pelangi Motor sudah dicat dengan warna bermotif batik.

RX King 2002 dengan motif batik yang dijual di diler Pelangi Motor, Jatinegara, Jakarta Timur.Pelangi Motor RX King 2002 dengan motif batik yang dijual di diler Pelangi Motor, Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut pemilik diler, Andreas, RX King yang sudah dimodifikasi tidak mempengaruhi harga jual. Apalagi jika bentuk modifikasinya menarik.

Harga RX King di diler-diler motor bekas bisa dibilang relatif masih terjangkau bila dibanding harga di situs jual beli online. Di situs jual beli online, cukup banyal RX King standar yang ditawarkan dengan harga Rp 20 juta ke atas, bahkan ada yang sampai Rp 35 juta.

Salah satu RX King tahun 2003 yang ditawarkan dijual dengan harga Rp 35 juta di salah satu situs jual beli onlineKompas.com/Alsadad Rudi Salah satu RX King tahun 2003 yang ditawarkan dijual dengan harga Rp 35 juta di salah satu situs jual beli online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.