Hyundai Bakal Pasang Teknologi “Speaker Pintar” - Kompas.com

Hyundai Bakal Pasang Teknologi “Speaker Pintar”

Kompas.com - 26/12/2017, 14:17 WIB
Teknologi speaker pintar dari Hyundai.Nikkei Teknologi speaker pintar dari Hyundai.

Seoul, KompasOtomotif – Tak mau kalah dan tertinggal soal pengembangan teknologi di pasar otomotif global, merek asal Korea Selatan, Hyundai bakal lengkapi produk mobil baru mereka dengan teknologi speaker pintar mulai 2019.

Mengutip Nikkei, Selasa (26/12/2017) ini mengikuti tren, di mana semua merek di seluruh dunia berlomba membangun kecerdasan buatan suara (voice-activated artificial intelligence), untuk disematkan di kendaraan.

Hyundai sendiri mengembangkan teknologi ini bersama dengan SoundHound perusahaan asal Amerika Serikat. Ini akan meningkatkan daya saing Hyundai juga di sektor connected car.

Pengemudi bisa mengaktifkan speaker pintar hanya dengan sapaan seperti "Hai, Hyundai". Setelah itu, perintah-perintah bisa diberikan untuk mengendalikan suhu atau sunroof, penunjuk jalan dan mencari informasi, serta beberapa kemampuan lainnya. Speaker bisa mengenali dan merespon dua permintaan sekaligus.

Baca juga : Kejar Inovasi, Hyundai Hadirkan "Airbag Sunroof"

Hyundai Elite i20 Hyundai Elite i20

SoundHound saat ini punya spesialisasi ada pengenalan suara dan AI (artificial intelligence), dan sudah bekerjasama dengan perusahaan elektronik Jepang seperti Sharp dan Onkyo. Hyundai dan SoundHound sudah jalan bersama sejak 2012.

Hyundai akan meluncurkan teknologi speaker pintar pada awal 2018 di Las Vegas Amerika pada ajang Consumer Electronic Show (CES), pameran elektronik terbesar di dunia.

Merek lainnya di Jepang seperti Toyota, sudah bekerja sama dengan Line untuk megadopsi speaker pintar Clova untuk mobil. Mereka juga bekerja sama dengan Ford Motor dan beberapa perusahaan lain, unuk mengembangkan sistem yang menghubungkan perangkat mobil dan smartphone. Fungsi sistem terseut akan ditingkatkan dengan menggunakan AI.

Kemudian Mitsubishi yang merangkul Google dan Amazon.com, mengenalkan teknologi yang memungkinkan pengemudi mengendalikan fungsi kendaraan melalui speaker cerdas dari rumah, dan bakal diperkenalkan pada awal 2018.

Sopir dapat membuka kunci kendaraan dan mengontrol suhu di dalam kendaraan sebelum masuk ke mobil. Perusahaan juga mengembangkan fitur kontrol suara untuk memutar musik atau berita (news) sebelum menyetir, serta mengatur alarm atau timer.


EditorAzwar Ferdian

Close Ads X