Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Segera Impor Kendaraan Komersial

Kompas.com - 28/09/2017, 17:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) sebagai pemegang merek Hyundai Truck & Bus di Indonesia segera merealisasikan impor dan melakukan Compeletly Knocked Down (CKD) sebagai langkah selanjutnya.

Rupanya kerjasama antara HOKI dan principal, Hyundai Motor Company (HMC) makin mengerucut. Kesepakatan kedua belah pihak sudah ditandatangani President Director HOKI, Iki Wibowo, dan Lee In-Cheol, Senior Vice President HMC, (20/9/2017) lalu di kantor pusat HMC, Seoul, Korea Selatan.

Penandatanganan ini menunjukkan kekompakan HOKI-HMC dalam berkomitmen melakukan bisnis dengan azas saling percaya. Hyundai Xcient akan menjadi produk pertama yang bakal datang duluan berstatus Compeletly Built Up (CBU).

Setelah sukses, selanjutnya yakni melakukan joint venture dan segera merealisasikan impor dalam bentuk CKD. Meskipun secara jumlah, kendaraan yang masuk secara CKD nanti lebih besar dari CBU, namun bukan berarti CBU diabaikan.

Baca: Daya Tawar Truk Hyundai untuk Konsumen

“Xcient yang akan masuk ini akan sangat kompetitif, karena akan memberi value for money yang tinggi bagi konsumen. Spesifikasinya akan sangat tinggi, tetapi harga tetap bersaing,” ujar Iki Wibowo dalam siaran resmi (27/9/2017).

Tidak disebut waktu kedatangan truk CBU Hyundai. Namun untuk menyambutnya, HOKI menyiapkan jaringan dengan daerah-daerah pertama mencakup Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara/ Aceh, Kalimantan, dan Sulawesi.

Setelah Xcient yang merupakan truk kategori 5, selanjutnya HOKI akan memasukkan Mighty untuk kategori 2, H350 untuk travel dan pariwisata, dan Universe yang akan mengisi kebutuhan bus di Indonesia. Xcient akan masuk dalam dua varian, yaitu 6X4 Dump dan 6X4 Tractor Head.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com