BBM Oktan Tinggi Bikin Awet Usia Mesin Kendaraan

Kompas.com - 15/12/2017, 16:02 WIB
SPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok. Kompas.com/Alsadad RudiSPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

 

Nusa Dua, KompasOtomotif - Keberadaan bahan bakar minyak (BBM) berkadar tinggi, baik untuk mesin bensin maupun diesel, kini mulai gampang ditemui. BBM berkadar tinggi adalah bahan bakar yang memiliki research octane number (RON) dari angka minimal 95 untuk mesin bensin, dan cetane minimal 51 untuk diesel.

Meski harga jualnya lebih mahal dibanding BBM bersubsidi ataupun BBM lain dengan oktan yang lebih rendah, BBM oktan tinggi tetap digemari oleh banyak pengguna kendaraan. Hal itu pula yang kini dirasakan oleh Pertamina. Dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina yang menjual Pertamax Turbo dan Pertamina Dex terpantau mulai semakin banyak.

Baca juga : Pertamina Mulai Ganti Pertamax Plus dengan Pertamax Turbo

Bila dulu kedua bahan bakar ini kerap hanya bisa ditemui di SPBU di pusat kota, tidak demikian sekarang. Saat ini, mulai banyak SPBU-SPBU di pinggiran kota yang menjual kedua bahan bakar yang masing-masing berkadar oktan 98 dan kadar cetane 53 ini.

Operator SPBU Jambearum Kendal memakai seragam loreng dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.Kompas.com/Slamet Priyatin Operator SPBU Jambearum Kendal memakai seragam loreng dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Head of Marketing Communication Pertamina Dendi Danianto mengatakan, mulai banyaknya pembeli BBM kadar oktan tinggi disebabkan mulai sadarnya pemilik kendaraan bahwa penggunaan BBM turut berdampak terhadap kondisi mesin. Semakin bagus kualitas BBM, maka akan semakin jarang pula kendaraan mengalami masalah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang-orang sudah mulai malas bolak balik ke bengkel, jadi kita bikin (BBM) yang bisa membuat filternya lebih lama," kata Dendi saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Rabu (13/12/2017).

Baca juga : Pertamina Luncurkan Produk Pertamax Turbo dan Dexlite di Kota Palu

Sejumlah mobil Mercedes G-Wagen milik anggota komunitas Mercedes Jip Indonesia yang mengikuti turing di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah mobil Mercedes G-Wagen milik anggota komunitas Mercedes Jip Indonesia yang mengikuti turing di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.

Pendapat Dendi dibenarkan oleh Ketua MJI Cokorda Adnyana. Ditemui di sela-sela rangkaian turing Banyuwangi-Bali yang dilakukan komunitas Mercedes Jip Indonesia (MJI), Cokorda mengaku selalu menggunakan Pertamax Turbo untuk kendaraannya. Manfaat dari penggunaan BBM dengan RON 98 inipun langsung dirasakannya.

"Mesin lebih awet kalau bahan bakar lebih bagus. Perawatan dan daya tahan mobil lebih lama," kata Cokorda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.