Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Mobil Listrik, Honda Enggan Lobi Langsung Pemerintah

Kompas.com - 14/11/2017, 10:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah saat ini bakal mengeluarkan aturan mengenai kendaraan listrik juga hybrid, yang inisiasinya dilakukan oleh Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian. Tentu masa depan industri otomotif ada di dalamnya.

Beberapa produsen di dalam negeri ada yang melakukan pendekatan langsung kepada pemerintah melalui Kemenperin maupun Presiden Jokowi, seperti kerjasama riset kendaraan listrik atau lobi-lobi lainnya. Namun, cara tersebut tidak diminati oleh merek Honda.

Baca juga : Jokowi Minta Toyota Ajak Investor Jepang Lain

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pihaknya cukup mengandalkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebagai perwakilan produsen mobil di dalam negeri.

“Jadi kami tidak perlu personal lagi ke pemerintah, karena sudah ada jalurnya melalui Gaikindo, yang juga melakukan diskusi-diskusi terkait kendaraan listrik dan lainnya. Kecuali memang Pemerintah ingin berdiskusi dengan kami secara khusus, tentu lain. Namun sementara ini cukup melalui Gaikindo,” ujar Jonfis kepada KompasOtomotif, Kamis (9/11/2017).

Honda Urban EV Concept di Tokyo Motor Show 2017Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda Urban EV Concept di Tokyo Motor Show 2017

Baca juga : Mitsubishi Mulai Lobi Pemerintah buat Mobil Listrik

Pertanyaan selanjutnya, apakan Honda tidak khawatir kecolongan soal informasi atau bocoran mengenai regulasi?

“Mengapa khawatir, terkait kapan mulainya juga sudah diumumkan pemerintah, di mana kalau Euro 4 tahun 2018, kemudian LCEV programnya akan diumumkan, listrik kalau bisa 2040 akan diadakan,” tutur Jonfis.

“Jadi intinya, secara teknologi Honda sudah siap, jadi tinggal mana yang lebih masuk akal dibawa ke sini. Mudah-mudahan dari hasil diskusi di Gaikindo, feedback dari pemerintah lebih baik,” kata Jonfis.

Baca juga : Tawar-menawar Nissan soal Lokalisasi Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com