Jokowi Minta Toyota Ajak Investor Jepang Lain

Kompas.com - 13/03/2017, 14:22 WIB
Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana, dan Presiden Toyota Akio Toyoda Setkab.go.idPresiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana, dan Presiden Toyota Akio Toyoda
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang ke Istana Negara berjumpa dengan Presiden RI Joko Widodo, Senin (13/3/2017) pagi, terkesan mendadak. Tujuannya, selain menyampaikan penggantian pucuk pimpinan pada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga terkait kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

“Beliau (Akio Toyoda) juga menyampaikan kolaborasi yang mulai terjadi antara Daihatsu dan Toyota dan berharap bisa memberikan sumbangannya terhadap kemajuan ekonomi di Indonesia,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN kepada KompasOtomotif, Senin (13/3/2017).

Informasi ini disampaikan karena prinsipal Toyota sudah mengakuisisi penuh Daihatsu di Jepang. Langkah ini sekaligus berimbas pada bisnis kedua perusahaan di Indonesia dengan membentuk divisi internal baru, Emerging-market Compact Car Company.

Warih, yang ikut dalam rombongan Akio Toyoda berjumpa dengan Presiden Jokowi, mengatakan, sambutan baik disampaikan oleh pemerintah. Salah satu permintaan yang diingat Presiden Jokowi adalah terkait ajakan investasi ke Indonesia.

“Sambutannya alhamdulillah baik, Pak Presiden meminta supaya Toyota mengajak mitra (perusahaan) Jepang lain untuk investasi lagi ke Indonesia. Toyoda san juga menyampaikan komitmen investasinya yang sudah bergulir sejak tahun lalu,” ucap Warih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X