Drama Hayden vs Rossi 2006, Mungkinkah Berulang Pada Dovi vs Marquez?

Kompas.com - 11/11/2017, 17:17 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan


Valencia, KompasOtomotif - Ajang MotoGP 2017 akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini. Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia masih menjadi tempat penyelenggaraan seri penutup.

Hanya tersisa dua pebalap yang punya kans menjadi juara dunia. Keduanya adalah pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Di tabel klasemen, Marquez masih memimpin klasemen dengan keunggulan 21 poin atas Dovi. Untuk mengamankan titel juara dunia MotoGP keempatnya, The Baby Alien hanya perlu finis minimal di posisi 11.

Sedangkan bila ingin melewati poin Marquez, Dovi wajib menang sambil berharap Marquez gagal finis di 11 besar.

Baca juga : Dovizioso Akui Sulit untuk Juarai MotoGP pada Musim Ini

Dengan fakta di atas, sulit menampik jika Marquez-lah yang menjadi kandidat terkuat juara musim ini. Apalagi, fakta di MotoGP memperlihatkan sangat jarang ada penghuni runner-up klasemen yang bisa menyalip poin pimpinan klasemen dan kemudian memastikan titel juara dunia di Valencia.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, bertarung dalam balapan GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 13 Agustus 2017.
JURE MAKOVEC/AFP Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, bertarung dalam balapan GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 13 Agustus 2017.

Walaupun jarang, kejadian seperti yang dijelaskan di atas bukannya tidak pernah terjadi. Ajang MotGP 2006 mungkin menjadi yang paling diingat bahwa runner-up masih punya asa mencari peruntungan di Valencia, seperti yang dilakukan mendiang Nicky Hayden.

Hayden yang saat itu berbendera Repsol Honda sanggup memastikan titel juara dunia di seri terakhir, mengalahkan pebalap Camel Yamaha yang juga legenda hidup ajang ini, Valentino Rossi.

Baca juga : Nicky Hayden: MotoGP Kini Lebih Sulit

Padahal sebelum GP Valencia digelar, Rossi masih memimpin klasemen dengan keunggulan delapan poin atas Hayden. Rossi yang saat itu sedang dalam masa jaya dan mengejar titel juara dunia MotoGP keenamnya, makin diunggulkan karena meraih pole position. Sedangkan Hayden hanya start di posisi kelima.

Valentino Rossi saat terjatuh di seri penutup MotoGP musim 2006 di Sirkuit Valencia. Jatuhnya Rossi pada akhirnya membuatnya gagal mengunci gelar juara dunia.Motorsport.com Valentino Rossi saat terjatuh di seri penutup MotoGP musim 2006 di Sirkuit Valencia. Jatuhnya Rossi pada akhirnya membuatnya gagal mengunci gelar juara dunia.

Namun apa yang terjadi dalam balapan sungguh di luar dugaan. Rossi memulai balapan dengan start yang buruk sehingga disalip oleh beberapa pebalap lainnya, termasuk Hayden. Dalam upayanya mengejar Hayden, Rossi kemudian terjatuh di lap kelima.

The Doctor memang masih bisa bangkit dan melanjutkan balapan. Namun karena sempat tercecer di posisi buncit, Rossi hanya bisa finish di posisi ke-13. Sedangkan Hayden finish di posisi ketiga.

Pada klasemen akhir, Hayden berada di posisi pertama dengan 252 poin. Ia unggul lima angka dari Rossi. Hayden pun meraih titel juara dunia MotoGP pertama dan satu-satunya sepanjang hidupnya.

Nicky Hayden Respol Hondamotorsport.com Nicky Hayden Respol Honda

Sebelas tahun berlalu, kini kondisi hampir serupa terjadi dalam persaingan antara Marquez dan Dovi. Menarik tentunya menanti apa yang akan terjadi dalam balapan yang akan dihelat pada Minggu (12/11/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.