Pedagang Mobil Bekas Dukung Pembatasan Mobil Tua

Kompas.com - 08/11/2017, 17:38 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pembatasan mobil berusia tua beredar di jalan mendapat sinyal dukungan dari kalangan pedagang mobil bekas (mobkas). Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa mobkas WTC Mangga Dua mengatakan, regulasi itu justru bisa mendukung penjualan mobkas asal aturannya jelas.

“Yang paling benar itu umur mobil dibatasi, kalau itu setuju. Ya, kalau tidak jalanan makin padat,” kata Herjanto, Selasa (31/10/2017).

Baca: Komunitas Tolak Wacana Pembatasan Mobil Tua di Jakarta

Rekomendasinya, usia mobil yang boleh beredar di kawasan khusus, misalnya di Jakarta, maksimal berusia 20 tahun. Itu berarti mobil yang hilir-mudik di jalanan kelahiran 2000-an.

Mobil yang lebih tua dari itu, sebut Herjanto, bisa berpindah ke daerah yang pergerakan kendaraannya belum padat.

Puluhan mobil klasik memadati pelataran parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.Aditya Maulana, KompasOtomotif Puluhan mobil klasik memadati pelataran parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di pasar mobkas, mobil berusia lebih dari 20 tahun kelebihannya sudah terbatas yang bisa dimanfaatkan konsumen. Pasalnya, menurut Herjanto, dinilai dari kepemilikan dan perawatannya, butuh besar biaya besar.

“Mobilnya dibeli harga Rp 50 juta, tapi sekali servis bisa Rp 5 jutaan. Itu kan ngajarin yang enggak benar,” ucap Herjanto. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.