Alasan Beli Premium Tidak Boleh Pakai Jeriken

Kompas.com - 19/10/2017, 14:22 WIB

Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Pembelian bahan bakar menggunakan jeriken ternyata boleh dilakukan. Namun hanya untuk jenis bahan bakar khusus (BBK) atau non-subsidi, sementara untuk Premium dan Solar tidak diizinkan.

Ketika mengkonfirmasi hal ini, ternyata masalah Premium dan Solar tidak boleh dibeli dengan jeriken tidak ada kaitanya dengan faktor keselamatan. Atau persepsi yang lebih mudah terbakar dibandingkan jenis BBM lain.

"Kalau mau beli Premium atau Solar harus pakai surat khusus, karena itu kan BBM subsidi. Kalau dikaitkan dengan faktor safety semua jenis BBM pasti berisiko, namanya juga bahan bakar," ucap Area Manager Communication and Relation JBB Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina Yudy Nugraha, kepada KompasOtomotif, Rabu (18/10/2017).

Menurut Yudy, regulasi tersebut sudah lama tertuang dalam Peraturan Presiden. Fokus utamanya lebih karena adanya indikasi dijual kembali atau penimbunan.

Sejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Baca : Sebenarnya Boleh Tidak Isi Bensin Pakai Jeriken?

"Lebih ke arah mengurangi jumlah BBM subsidi, jadi kalau mau beli Premium atau Solar harus disertai surat rekomendasi. Misal untuk pertanian, maka ada surat dari kelurahan dan lain sebagainya," kata Yudy.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.