Dua Pengemudi Berebutan Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 03/10/2017, 13:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Kompas Otomotif - Kelakuan pengendara di jalan raya saat ini mudah sekali didokumentasikan dan tersebar di berbagai media sosial. Tidak terkecuali kejadian-kejadian yang kadang membuat gemas.

Salah satunya didapat dari halaman Facebook Hanung Nugroho yang sedang berada di gerbang tol dalam kota. Ia merekam kelakuan pengemudi mobil yang berebut jalur masuk dengan sebuah truk.

Dalam video berdurasi kurang dari dua menit tersebut terlihat pengemudi mobil masuk dari sisi kiri truk di dalam jalur yang hanya memuat satu kendaraan. Entah siapa yang memulai, posisi mobil tersebut sudah berada di bagian kiri truk memepet pembatas jalan.

Bukannya mengalah, pengemudi truk dan mobil tersebut sama-sama menjalankan kendaraannya. Hasilnya ketika di depan pos pembayaran tol, pemilik mobil terdesak dan mengalah.

Baca : Pengguna OBU untuk Tol Masih Minim

Mobil berwarna putih tersebut terlihat tergores di beberapa bagian. Untuk truk, melaju tanpa kerusakan apapun.

Video yang diunggah 26 September tersebut sudah ditonton 277.000 kali dan dibagikan 2.800 kali. Netizen banyak mengomentari video ini dan menyayangkan perilaku kedua pengemudi tersebut meski mayoritas menyalahkan pengemudi mobil yang menjadi biang keladi. Diceritakan, keduanya kemudian tidak melanjutkan masalah tersebut di jalan tol dan melanjutkan perjalanannya masing-masing.

Keduanya memberi contoh yang salah dalam berkendara, terutama untuk menghindari potensi masalah di jalan raya. Berkendara defensif artinya mengalah untuk kelancaran dan kepentingan bersama.

"Ini termasuk menghargai pengguna jalan lain, termasuk petugas kepolisian bahkan sopir truk. Rasa humanis dengan menyadari jalan raya bukan hanya miliknya sendiri tapi juga orang lain bisa meredam masalah," ucap Sony Susmana, praktisi keselamatan berkendara dan Direktur Defensive Driving Indonesia beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.