Kompas.com - 16/09/2017, 15:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Frankfurt, KompasOtomotif - Toyota Yaris Gazoo Racing Master of Nurburgring (GRMN) resmi menampakan diri dalam pameran Frankfurt Motor Show 2017. Mobil yang menjadi hatchback tercepat Toyota ini siap dipasarkan dalam jumlah yang sangat terbatas.

Dilansir dari Carscoops, Yaris GRMN hanya akan diproduksi sebanyak 400 unit. Dari jumlah tersebut, 100 unit sudah dialokasikan untuk pasar di Inggris sebagai rival dari Peugeot 208 GTI, Renault Clio RS, dan Ford Fiesta ST.

Toyota akan memasarkan Yaris GRMN dengan harga mulai dari 26,295 poundsterling, atau sekitar Rp 475 juta. Harga tersebut menjadikan Yaris terbuas ini sebagai hatchback asal Jepang termahal yang pernah dipasarkan di Eropa.

Penjualan 100 unit Yaris GRMN akan dilakukan secara online pada 31 Oktber 2017. Konsumen harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan, dan akan dipilih untuk mengikuti test drive eksklusif pada 27 September di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Dari 400 unit Yaris GRMN, 100 unit sudah dialokasikan untuk pasar di Inggris Dari 400 unit Yaris GRMN, 100 unit sudah dialokasikan untuk pasar di Inggris

Baca : Toyota Luncurkan Yaris 1.200 cc di Thailand

Sebagai model paling bertenaga, Yaris GRMN dibekali dengan mesin 1.800 cc supercharged empat silinder dengan tipe 2ZR-FE. Dikolaborasikan dengan transmisi enam percepatan manual, mesin tersebut mampu menyalurkan tenaga maksimal hingga 20 tk dengan torsi 250 Nm.

Toyota mengembangan Yaris GRMN menggunakan basis dari Yaris WRC yang digunakan dalam ajang balap reli. Mulai dari proses pengerjaan sampai pengetesan, Toyota mengandeng tim balap Gazoo Racing untuk meriset mesin agar menghasilkan performa terbaik serta bobot yang ringgan di Nurburgring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.