Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Harga Xpander di Palembang Lebih Mahal dari Jakarta?

Kompas.com - 30/08/2017, 14:42 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Palembang, KompasOtomotif - Mitsubishi Xpander resmi mengaspal di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/8/2017), setelah sebelumnya diluncurkan di Jakarta, dan kota-kota besar lain di Indonesia. Ini adalah bagian dari pengenalan Xpander oleh PT Mitsubishi Motor Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) ke seluruh wilayah Tanah Air.

Xpander meluncur di Sumatera Selatan dengan banderol mulai Rp 197 juta buat tipe terendah yakni GLX. Harga ini memiliki selisih yang cukup besar dibandingkan dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta, yakni Rp 189,5 juta.

"Harga OTR setiap daerah pasti berbeda-beda, karena ada beberapa faktor penentu harga. Tapi yang paling menentukan adalah pajak, karena Palembang memiliki pajak kendaraan baru yang lebih tinggi dibanding daerah lain, yakni sebesar 12,5 persen dari harga awal kendaraan tersebut," jelas Ekianto Tellis, Wakil Presiden Direktur PT Lautan Berlian Utama Motor, di Palembang, Rabu (30/8/2017).

Selain itu, Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, menambahkan, faktor penentu harga lainnya adalah biaya pengiriman dari Jakarta ke daerah tersebut. "Semakin jauh wilayah itu, tentu akan semakin tinggi biaya pengirimannya," jelas Irwan.

Baca juga: Xpander sudah terpesan 11.000 unit

Penjelasan soal harga ini menjadi edukasi tersendiri buat calon konsumen Xpander di seluruh wilayah Indonesia. Memang Jabodetabek selalu menjadi patokan utama harga kendaraan, karena setiap kendaraan baru pada umumnya akan lebih dulu meluncur di Ibu Kota dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com