Program Mobil Listrik Kaitannya Erat dengan Euro IV

Kompas.com - 21/07/2017, 08:01 WIB
Mobil listrik city car BMW i3 Stanly/KompasOtomotifMobil listrik city car BMW i3
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif –
Kementerian Perindustrian saat ini tengah memfinalisasikan penyempurnaan insentif untuk program kendaraan emisi rendah (low carbon emmision vehicle/ LCEV). Program ini merupakan lanjutan dari program yang sudah bergulir sebelumnya, yakni Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) atau lebih dikenal sebagai “mobil murah” atau low cost and green car (LCGC).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, kepada KompasOtomotif, mengatakan, insentif untuk LCEV, mobil yang ramah lingkungan berbasis listrik yang setara dengan konsumsi BBM 20 kpl lagi disiapkan. “Kebijakan ini bisa terlaksana jika ketersediaan BBM Euro IV tersedia pada 2019 atau lebih cepat,” kata Menperin, di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Teknologi mobil listrik bisa jadi alternatif teknologi otomotif yang ramah lingkungan. Namun, penerapan teknologi harus bertahap, tidak secara langsung.

Baca: Begini Skema Program Mobil Listrik di Indonesia

Baterai dan motor dalam mobil listrik Faraday FFZERO1Faraday Future Baterai dan motor dalam mobil listrik Faraday FFZERO1

“Teknologi hibrida akan dikembangkan sebelum mobil listrik secara penuh. Kendaraan hibrida cost-nya lebih mahal karena penggeraknya ada dua jenis,” kata Airlangga lagi. Jika dilakukan bertahap, pengembangan program ini bisa bergulir dengan optimal di Indonesia.

Menperin, melanjutkan, pengembangan mobil listrik di Indonesia harus diawali dengan teknologi baterai, motor induksi, dan piranti lunak (software). Selain itu, supaya kompetitif dibutuhkan keringanan buat pelaku industri agar bisa terjangkau konsumen.

“PPnBM untuk sedan dan mobil hybrid akan dikurangi jumlahnya, dibahas bersama Kemenkeu (Kementerian Keuangan),” kata Airlangga.

Baca: Mobil Listrik Bakal Bebas ?Luxury Tax? di Indonesia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X