Kompas.com - 08/06/2017, 13:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sangat berhati-hati untuk memberikan informasi terkait MPV sejuta umat, atau biasa disebut XM Concept. Bahkan ada semacam warning untuk diler agar tidak memberikan janji yang berlebihan kepada konsumen.

Berbicara kepada media, (7/6/2017), di Jakarta, Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan MMKSI mengatakan bahwa ini ada kaitannya dengan ekspektasi lebih dari konsumen.

Ketika diler atau wiraniaga menjanjikan hal-hal yang berlebihan, mulai dari model, harga, atau pengiriman, dikhawatirkan bisa mengecewakan konsumen jika tak sesuai ekspektasi.

”Paling penting tidak over promise dilernya. Jangan janji delivery, tipe, atau apalah karena semua memang belum diputuskan dan diumumkan ke diler. Kami menghindari komplain konsumen karena berlebihan janji,” ujar Irwan.

Sebelumnya, MMKSI pernah berujar dalam sebuah kesempatan, bahwa versi produksi akan 80 persen menyerupai XM Concept. [Baca: ] Ini juga yang bisa jadi salah satu ganjalan ketika tak sesuai harapan.

”Saya tidak tahu, yang pakai persentase menghitung seperti apa. Kalau saya pribadi bilang mirip. Tapi jadi mirip berapa persen relatif lah,” kata Irwan.

Saat ini, kata Irwan, sudah banyak diler yang menerima inden, meski MMKSI belum secara resmi membukanya. Sifat inden ditegaskan lagi berstatus ”menaruh minat”, bukan mengisi Surat Pemesanan Kendaraan.

”Pasti ada saja yang menerima inden. Kalau saya lihat itu sangat wajar, karena memang konsumen mungkin tidak sabar. Cuma ya itu tadi, jangan terlalu janji berlebihan,” ucap Irwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.