Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Patenkan Superbike Mesin V4

Kompas.com - 13/02/2017, 11:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

Tokyo, KompasOtomotifHonda terus bergerak mencari celah pengembangan teknologi. Paling baru, diketahui bahwa produsen motor logo sayap itu mengembangkan superbike lagi dengan desain yang sudah dipatenkan.

Dari paten desain, superbike disinyalir menggunakan mesin V4 dan akan menjadi salah stau model flagship. Posisinya, akan berdiri di antara dua model flagship lain, yakni Honda Fireblade (CBR1000RR) dan Honda RC213V-S.

Pada deretan superbike, Honda memang belum punya model dengan konfigurasi mesin V4. Selama ini, CBR1000RR menggunakan mesin 4-silinder segaris.

Model bermesin V4 akan menggunakan layout knalpot yang berbeda dengan sepeda motor Honda lainnya. Juluran pipa yang mengalir dari silinder berpisah, lalu menyatu lagi di bagian bawah, mengalir ke bawah kaki kanan pembonceng.

Tenaga penggerak akan menjadi bagian dari sasis. Lalu, Honda V4 ini akan menerima jok single dan buntutnya mendapat lubang udara yang membantu aerodinamika lebih efisien. Pada bagian belakang mendapat semacam sayap untuk membantu mendapatkan downforce.

Superbike ini bakal dijual terbatas, tapi tidak akan seekslusif RC213V-S yang menjadi motor MotoGP versi produksi. Superbike V4 Honda ini kemungkinan bakal dijual pada 2018 sebagai model 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com