Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Mobil Listrik, Honda Gandeng Hitachi

Kompas.com - 07/02/2017, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Honda

Tokyo, KompasOtomotifHonda Motor Co Ltd dan Hitachi Automotive Systems (HAS) Ltd, Selasa (7/2/2017), mengumumkan jalinan kerjasama mengembangkan, memproduksi, dan menjual sistem penggerak elektrik pada mobil dan sepeda motor listrik.

Kedua belah pihak sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) sebelumnya pada Jumat (3/2/2017) lalu. Dua perusahaan kini akan lebih intens melakukan pembicaraan untuk memuluskan rencana tersebut.

Sejak HAS pertama kali menjual motor untuk kendaraan listrik pada 1999, teknologi yang dihasilkan makin canggih, bahkan kini menjadi yang paling ringan dan compact. Perusahaan bahkan sudah mengirimkan motor listrik dengan jumlah masif ke seluruh dunia.

Honda sendiri, sejak 1999, sudah mulai melucnurkan mobil hybris. Perusahaan kini fokus mengembangkan kendaraan listrik, atau pun menaikkan upaya untuk fokus ke masa depan lebih ramah lingkungan . Ini sejalan dengan apa yang sudah dilakukan Hitachi.

Isu lingkungan makin menghangat, bahkan regulasi di tiap negara mulai mengarah ke sana. Dua perusahaan ini menganggap inilah penunjuk arah untuk masa depan. Keduanya akan memanfaatkan keahlian masing-masing untuk menjadi pemain besar di bisnis kendaraan elektrik.

Rencananya, Honda dan Hitachi akan membentuk perusahaan patungan, berbasis di Jepang, dan akan beridiri di Amerika Serikat serta China. Perusahaan baru itu akan memproduksi dan menjual, memperkuat posisi sebagai pemasok motor kendaraan listrik, baik untuk Honda maupun merek lain.

Dana yang digelontorkan untuk proyek ini sebesar 5 miliar yen (setara Rp 594,4 miliar), dan rencananya akan mulai eksis pada Juli 2017. Investasi tersebut dibagi dengan porsi 51 persen untuk Hitachi dan 49 persen untuk Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Honda
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com