Kompas.com - 08/02/2017, 10:23 WIB
Honda CB150R Streetfire mantap sebagai tulang punggung sport Honda di Indonesia. AHMHonda CB150R Streetfire mantap sebagai tulang punggung sport Honda di Indonesia.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pemimpin pasar kendaraan roda dua PT Astra Honda Motor (AHM), masih belum berani berharap banyak dengan penjualan dalam negeri. Proyeksinya masih dianggap flat, dan perlu upaya lebih untuk meningkatkannya.

Melihat data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) penjualan Honda 2016 mengalami penurunan 1,64 persen, menjadi 4.380.888 unit, sementara di 2015 sebesar 4.453.888 unit. Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM mengatakan, walaupun begitu, pihaknya masih yakin kalau industri roda dua Indonesia akan membaik ke depannya.

“Pasar Indonesia masih terseok-teseok untuk kendaraan roda dua. Namun, saya percaya di masa depan kondisinya akan terus tumbuh lebih baik, dan kita semua harus bersabar,” ujar Inuma kepada KompasOtomotif, Jumat (3/2/2017).

Inuma menyatakan janjinya untuk terus mengembangkan sepeda motor baru, dengan mendorong divisi penelitian dan pengembangan. Jika tidak melakukan itu, maka ke depannya kondisi bakal semakin suram.

“Karena kalau tidak terus mengembangan produk baru, masa depan kita tidak akan cerah. Jadi kami terus bakal mendorong R&D, untuk memberikan produk baru bagi masyarakat Indonesia, saya janji,” ujar Inuma.

Ketika ditanyakan bakal ada berapa model yang lahir di 2017, Inuma masih belum mau mengatakannnya, apakah lebih banyak dari tahun 2016 atau sedikit. Meski dari sisi volume penjualan turun, tapi pangsa pasar Honda naik, dari 68,73 persen di 2015, menjadi 73,86 persen pada 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.