Honda Dongkel Toyota sebagai Penguasa Sedan

Kompas.com - 30/01/2017, 09:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Toyota dan Honda "langganan" sebagai merek yang berkontribusi besar menjual model sedan di Indonesia selain Mercedes-Benz serta BMW. Namun, pada 2016, supremasi Toyota selama tiga tahun terakhir didongkel Honda.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun lalu, Honda berhasil menjual (wholesales) 3.570 sedan. Toyota menguntit di belakangnya dengan 3.363 unit, disusul Mercedes-Benz dengan 1.770 unit serta BMW 1.445 unit.

Beda perolehan antara duo merek Jepang itu sangat tipis, dan ini adalah kali keempat Honda memimpin penjualan sedan di Indonesia selama satu dekade terakhir. Pada 2006, 2007, dan 2013, merek ini juga berhasil menjadi penjual sedan paling favorit. Selebihnya memilih Toyota.

Tahun lalu, pasar sedan, termasuk taksi, mencapai 13.443 unit di Indonesia. Honda menguasai 26,6 persen, disusul Toyota 25 persen, taksi 18 persen, lalu Mercedes-Benz 13,2 persen, dan diikuti BMW 10,7 persen.

Honda dibantu oleh melejitnya All New Civic yang berbekal mesin turbo. Model ini laku 1.681 unit, sekaligus menguasai pasar sedan kecil, hingga 64 persen. Penjualan Honda disokong pula oleh All New City sebanyak 1.213 unit, memimpin pasar mini sedan dengan market share 24 persen.

Di kelas medium sedan, Honda Accord menyumbang 541 unit, atau meraih 14,1 persen market share. Di segmen ini, Toyota berkuasa, mengandalkan Camry yang terjual 1.238 unit, atau merebut share 33 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.