MotoGP di Sirkuit Jakabaring, Oktober 2018

Kompas.com - 01/11/2016, 13:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Sepang, KompasOtomotif - Pembangunan sirkuit di kawasan Jakabaring, Palembang, diestimasi bakal bisa digunakan pada Oktober atau November 2018, pasca gelaran ASEAN Games. Dana yang dibutuhkan kurang lebih mencapai Rp 500 miliar.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kalau saat ini lahan yang akan dibangun masih berupa rawa-rawa, dengan total lahan mencapai 120 hektar. Luas lahan ini diklaim sudah memenuhi standar yang ditetaplkan Dorna.

"Iya lahannya saat ini masih mentah atau rawa, nanti kita akan sulap menjadi sirkuit. Jadi pada bulan Oktober atau November 2018 sudah bisa digunakan untuk MotoGP. Lahan tersebut ada di seberang danau," ujar Alex saat dijumpai di Sepang, Minggu (30/10/2016).

Alex melanjutkan, kalau sebelumnya lahan ini rencananya akan dibangun lapangan golf, tapi akhirnya itu urung dilakukan. Alex beralasan kalau dirinya lebih berminat menjadikan itu sebagai sirkuit yang bisa dinikmati masyarakat semua kalangan.

"Tadinya untuk golf, tapi pertimbangan kami golf itu hanya untuk kalangan tertentu dan terbatas. Penontonnya saja tidak boleh jika ingin tepuk tangan. Lalu diputuskanlah akhirnya membuat sirkuit," ujar Alex.

Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia menambahkan, untuk mengejar target tersebut, peletakan batu pertama atau pembangunan, harus sudah dimulai pada Februari 2016. "Ini waktunya sangat ketat jadi kami harus benar-benar melakukannya," ujar Sadikin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.