Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Honda CBR1000RR Langsung Dibalas Kawasaki

Kompas.com - 05/10/2016, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Cologne, KompasOtomotif – Persaingan kelas superbike makin memanas setelah Kawasaki memberi jawaban keras atas meluncurnya Honda CBR1000RR Fireblade SP. Di tempat yang sama, Cologne, Jerman, dalam ajang Intermot 2016, (4/10/2016), ZX-10RR dilahirkan sebagai sang penjegal.

Model ini diklaim naik satu level dibandingkan dengan yang lama. Kawasaki pun membuat keberadaannya menjadi semakin bikin penasaran dengan hanya memproduksi terbatas 500 unit di Eropa untuk sementara waktu.

”Double R” lahir berkat inspirasi dan feedback dari kemenangan Kawasaki di ajang World Superbike. Diharapkan, ke depan, ZX-10RR juga bakal mengisi paddock pada musim balap adu kencang superbike selanjutnya.

Kawasaki Banyak ubahan pada Kawasaki ZX-10RR, termasuk paket performa dari perbaikan mesin.
Ubahan
Kawasaki memodifikasi kepala silinder untuk mengakomodasi camshaft baru dari paket balap (dijual terpisah). Crankcase juga baru, diklaim makin kuat. Mesin juga dikatakan mampu mengurangi friksi untuk menambah efek efisiensi.

Buat menantang superbike papan atas lain, ZX-10RR dibekali sejumlah peranti elektronik macam kontrol traksi, kontrol engine brake, kontrol start, peranti rem pintar, hingga manajemen untuk menikung. Alat ini dibantu dengan inertial measurement unit atau IMU 6-axis.

Pelek Marchesini dari aluminium tempa cukup mengurangi bobot sepeda motor, terutama berguna untuk memperbaiki handling. Pelek ini juga bisa dipakai untuk model lama, meski harus membeli beberapa aksesori tambahan. Ban ZX-1000RR menggunakan Pirelli Diablo Supercorsa.

Peranti pengereman dipasok Brembo, didukung suspensi depan Showa Balance Free Fork. Sementara di elakang menggunakan suspensi BFRC canggih, semuanya untuk keperluan melaju di trek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com