Peluncuran Honda CBR1000RR Langsung Dibalas Kawasaki

Kompas.com - 05/10/2016, 08:42 WIB
Kawasaki ZX-10RR dikenalkan dalam ajang Intermot, di Cologne, Jerman. KawasakiKawasaki ZX-10RR dikenalkan dalam ajang Intermot, di Cologne, Jerman.
|
EditorAgung Kurniawan

Cologne, KompasOtomotif – Persaingan kelas superbike makin memanas setelah Kawasaki memberi jawaban keras atas meluncurnya Honda CBR1000RR Fireblade SP. Di tempat yang sama, Cologne, Jerman, dalam ajang Intermot 2016, (4/10/2016), ZX-10RR dilahirkan sebagai sang penjegal.

Model ini diklaim naik satu level dibandingkan dengan yang lama. Kawasaki pun membuat keberadaannya menjadi semakin bikin penasaran dengan hanya memproduksi terbatas 500 unit di Eropa untuk sementara waktu.

”Double R” lahir berkat inspirasi dan feedback dari kemenangan Kawasaki di ajang World Superbike. Diharapkan, ke depan, ZX-10RR juga bakal mengisi paddock pada musim balap adu kencang superbike selanjutnya.

Kawasaki Banyak ubahan pada Kawasaki ZX-10RR, termasuk paket performa dari perbaikan mesin.
Ubahan
Kawasaki memodifikasi kepala silinder untuk mengakomodasi camshaft baru dari paket balap (dijual terpisah). Crankcase juga baru, diklaim makin kuat. Mesin juga dikatakan mampu mengurangi friksi untuk menambah efek efisiensi.

Buat menantang superbike papan atas lain, ZX-10RR dibekali sejumlah peranti elektronik macam kontrol traksi, kontrol engine brake, kontrol start, peranti rem pintar, hingga manajemen untuk menikung. Alat ini dibantu dengan inertial measurement unit atau IMU 6-axis.

Pelek Marchesini dari aluminium tempa cukup mengurangi bobot sepeda motor, terutama berguna untuk memperbaiki handling. Pelek ini juga bisa dipakai untuk model lama, meski harus membeli beberapa aksesori tambahan. Ban ZX-1000RR menggunakan Pirelli Diablo Supercorsa.

Peranti pengereman dipasok Brembo, didukung suspensi depan Showa Balance Free Fork. Sementara di elakang menggunakan suspensi BFRC canggih, semuanya untuk keperluan melaju di trek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.