Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Merek Tertarik Menyelamatkan Proton

Kompas.com - 29/09/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Daftar penyelamat merek Malaysia, Perusahaan Otomobil Nasional alias Proton, sudah terisi. Pemilik Proton, DRB-Hicom, menyatakan ada lima pihak asing yang tertarik untuk menjalin kerja sama. 

Thestar.com menjelaskan empat dari kelimanya yakni merek Skoda milik Volkswagen, Suzuki, Renault, dan PSA Group yang membawahi Peugeot. Proses penjajakan akan dilakukan tahun ini, pada pertengahan tahun depan pemilik baru Proton diprediksi bisa teridentifikasi.

Sebesar 51 persen kepemilikan Proton bakal dijual. Pihak manapun pengambil kesempatan itu akan juga memiliki merek mobil sport Inggris Lotus yang selama ini jadi bagian Proton.

Saat peluncuran sedan ringkas Proton Saga di Malaysia, Rabu (28/9/2016), CEO DRB-Hicom Syed Faisal Albar mengatakan perusahaan yang dia pimpin masih tetap akan memegang peranan signifikan dalam Proton.

“Jika Anda tanya saya apakah kami akan menjual 80 persen, 70 persen, sudah pasti tidak. Saya pikir ini sangat prematur saat ini melihat kea rah itu, karena kami belum melewati batas,” kata dia, seperti diberitakan Paultan.org.

DRB-Hicom mengambil alih Proton dari pemerintah pada 2012 lalu, namun gagal membawa lambang otomotif Malaysia ini lebih besar dari sebelumnya. Pada awal tahun ini Proton meminta pinjaman lunak dari pemerintah sebesar 1,5 miliar ringgit (Rp 4,7 triliun) buat modal mencari partner strategis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com