Lebih Canggih dari Listrik, Mobil Balap Otonomos

Kompas.com - 25/08/2016, 16:58 WIB
Prototipe mobil balap otonomos dari Roborace, DevBot. AutoblogPrototipe mobil balap otonomos dari Roborace, DevBot.
|
EditorAgung Kurniawan

Silverstone, KompasOtomotif - Perkembangan teknologi otomotif terus bergerak cepat. Tidak lama lagi, adu cepat khusus mobil listrik Formula E bakal ketinggalan zaman karena balapan yang lebih canggih, mengadopsi sistem otonomos, sedang digarap oleh Roborace.

Konsepnya, balapan dilakukan tanpa butuh pebalap di kendaraan. Idenya bisa jadi dinilai “nyeleneh”, namun Roborace sudah membuktikannya lewat debut prototipe DevBot di sirkuit Silverstone, Inggris.

DevBot dirancang oleh Daniel Simon. Rancangannya serupa mobil balap Formula E hanya saja bagian kokpit tertutup walaupun tidak ada pengemudinya.

Detail spesifik mekanis masih belum dibuka. Kendati begitu, semua hal pada prototipe ini nantinya bisa dicontek setiap tim yang ikut balapan otonomos. Perangkat lunak, algoritma khusus, serta kecerdasan buatan, yang dibutuhkan untuk berkompetisi sah dikembangkan sendiri.

Balapan otonomos bakal digelar di sirkuit yang sama dengan Formula E. Roborace rencananya bakal memperlihatkan wujud asli prototipe ini kepada publik di sesi latihan Formula E Seri Inggris pada pekan ini.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X