Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Polemik, Kepemilikan Formula 1 Dijual

Kompas.com - 29/03/2016, 08:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Birmingham, KompasOtomotif  - Saham terbesar kepemilikan ajang balapan Formula 1 dikabarkan akan dijual. Bahkan, dilansir Autoblog.com, Senin (28/3/2016), Bernie Ecclestone, Direktur Eksekutif Formula 1, sudah menyepakati harga jual dengan pihak pembeli.

Citicorp Venture Capital (CVC) atau CVC Capita Partners, sebagai pemilik Formula 1, dengan saham terbesar 35 persen, mulai menyebarkan kabar penjualan ini sejak beberapa bulan lalu.

Rumornya, sudah ada dua lembaga yang berniat membeli, yaitu perusahaan asal Amerika dan Cina, namun sampai saat ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut.

“Saya pikir, CVC akan menjual sahamnya dalam waktu dekat atau lambat. Sudah ada beberapa orang yang bersedia untuk membeli. Pastinya sudah ada dua pihak yang setuju dengan harga, tetapi tetap keputusan terakhirnya ada pada CVC, jadi menjual atau tidak,” ujar Ecclestone.

Menariknya, nasib dari kepemilikan CVC atas F1 bergulir di tengah-tengah ramainya kritik, terkait tata kelola. Salah satunya yaitu  polemik format kualifikasi dengan sistem eliminasi untuk seri F1 di Bahrain.

Terkait dengan bagaimana nantinya arah kebijakan F1 dengan pemilik baru, Ecclestone mengatakan, dirinya tidak akan tahu, sampai ada seseorang yang membelinya, dan melihat sendiri apa yang dia inginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com