Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW i8 dan i3 Kawal Formula E

Kompas.com - 13/09/2014, 15:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - BMW memperkenalkan dua mobil modern mereka, i8 dan i3, sebagai mobil pengawal di ajang adu kebut khusus mobil balap listrik, Formula E. Sebenarnya perekrutan i8 telah diumumkan Agustus lalu sebagai Safety Car, sedangkan yang terbaru i3 didaulat menjadi medical and driver extraction car.

BMW menyuplai empat unit, masing-masing model dua unit. "Masa kerja" akan dimulai akhir pekan ini, saat seri perdana Formula E digelar di Beijing, China, Sabtu (13/9/2014). Setelah itu peran yang sama akan berlanjut ke sembilan seri berikutnya.

"Sebagai pelopor di ranah mobil listrik, kami tahu terkadang perlu keluar dari kebiasaan, tapi tetap mempertahankan nilai fundamental. Dengan alasan ini, mobil listrik murni BMW i3 dan hibrida minim emisi BMW i8 masih identik dengan kenyamanan berkendara ala BMW,” ujar Jörg Reimann, Vice President BMW Brand Experience, worldcarfans, Jumat (12/9/2014).

BMW i3 yang punya tenaga setara 170 PS telah diluncurkan akhir 2013 lalu, sementara mobil sport i8 yang dibuat dari campuran serat karbon dan alumunium bisa menyemburkan 362 PS.

Setiap mobil telah dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan teknis dan keselamatan FIA. Saat tidak digunakan keduanya menunggu di belakang garis pit sambil mengisi ulang tenaga pakai sistem tanpa kabel agar selalu siap meluncur bila dibutuhkan saat sesi latihan, kualifikasi, dan balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com