Anda Tahu Populasi Kendaraan di Indonesia?

Kompas.com - 20/08/2016, 10:31 WIB
Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015. Febri Ardani/KompasOtomotifGaikindo Indonesia International Auto Show 2015.
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Setiap tahun jumlah kendaraan yang ada di Indonesia selalu bertambah, tetapi apa Anda tahu berapa total jumlahnya. Menurut Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto, populasi kendaraan yang ada di seluruh bagian Nusantara mencapai 124.348.224 unit.

Data itu didapat dari pendaftaran registrasi kendaraan terhitung sampai Juli 2016. Setiap tahun dikatakan pertumbuhan kendaraan enam juta unit per tahun. Sebesar 10 – 15 persen kontribusinya datang dari mobil.

“Jumlah yang sangat luar biasa ini sangat memberikan kontribusi dominan dan menjadi andalan pendapatan asli daerah provinsi seluruh Indonesia,” kata Agung dalam pidatonya yang dibacakan Kabid Regident Korlantas Polri Kombes Pol Refdi Andri di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Jumat (19/8/2016).

Sejak 2012, penjualan mobil di Indonesia selalu di atas satu juta unit per tahun menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Puncak tertinggi sepanjang sejarah terjadi pada 2013 yaitu 1.229.902 unit.

Kendati telah masuk dalam jajaran negara dengan penualan 1 juta unit, Indonesia terancam keluar dari jalur sebab setelah 2013 penjualan selalu turun hingga diprediksi terjadi juga pada tahun ini. Pada 2015, penjualan mencapai 1.013.291 unit, tahun ini Gaikindo berharap bisa bertambah sedikit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X