Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julukan Baru, Nissan Navara "Sahabat Gunung"

Kompas.com - 06/06/2016, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Berastagi, KompasOtomotif – Mulai saat ini Nissan All-New Navara bakal dikenal sebagai pikap kabin ganda “sahabat gunung-gunung”. Navara telah menyelesaikan kunjungannya ke-50 gunung dalam tempo 40 hari dalam petualangan “Jelajah Tanpa Batas”.

Penjelajahan dimulai pada 26 April lalu dan telah berakhir di Gunung Sibayak di Sumatera Utara (Sumut), pada Jumat (3/6/2016).

Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai pengujian ketangguhan Navara pada Maret tahun lalu di Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Saat itu kemampuan generasi baru Navara yang kini dirancang semakin tangguh dan kuat berhasil mengatasi kerasnya alam gunung yang pernah “mengamuk” dan menggetarkan bumi sampai ke Eropa.

Sejak saat itu ekspedisi berlanjut ke Gunung Sinabung di Sumut dengan misi kemanusiaan pada April 2015. Ide besar kemudian datang, NMI mau keempat roda Navara yang digerakan sistem all-wheel drive menapaki 50 gunung, agar semakin menantang harus kelar dalam 40 hari.

Mendekati gunung bukan perkara mudah buat kendaraan. Keterbatasan permukaan jalan, medan menantang, cuaca, dan kondisi sekitar, kerap jadi tantangan berat. Tim “Jelajah Tanpa Batas” dipimpin oleh Willem Sigar Tasiam, dia sukses membawa Navara menyambangi gunung yang melegenda seperti Gunung Ijen, Gunung Sindoro, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, dan Gunung Semeru.

Wahyu/KompasOtomotif Navara melewati jalur penambangan berbatu terjal menuju titik awal pendakian Gunung Tampomas via Desa Cibereum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (20/5/2016) sore.
Varian yang dibawa adalah tertinggi, Navara VL dengan fitur paling lengkap. Naik gunung bukan masalah sebab Navara memiliki hill start assist, saat turun juga tidak mengkhawatirkan dengan hill desent control.

Permukaan jalan yang buruk diredam oleh suspensi belakang 5-link independen. Tapi yang terpenting dari itu semua, Navara menggunakan mesin diesel 2.5L bertenaga 190 tk dan torsi 450 Nm.

“Saya sangat bersyukur dapat menyelesaikan ekspedisi ini dengan baik, berkat tim solid yang tidak kenal lelah untuk selalu standby dan memonitor perjalanan ini dan kendaraan double cabin yang kuat Nissan Navara VL yang mengantar saya selama perjalanan dengan nyaman dan lancar tanpa hambatan berarti,” kata Willem.

Nissan Motor Company Ltd. Nissan All-New Navara mampu mengatasi sudut ketinggian hingga 50 derajat.
Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy NMI, mengatakan, program berjalan dengan lancar. Semua anggota tim kembali dengan selamat.

“Ini tidak lain karena determinasi, kesiapan diri dari tim, serta dukungan kendaraan yang memiliki performa  tinggi. Kami bangga, Nissan Navara dapat membawa tim menyelesaikan tujuan perjalanan, menyapa 50 gunung dalam 40 hari,” papar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com