Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Nissan Navara Tambah "Pede" Lahap Kaki Gunung

Kompas.com - 20/05/2016, 07:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

WONOSOBO,  KOMPAS.com – Gunung demi gunung selama Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas telah didaki oleh Willem Sigar Tasiam (58). Secara marathon solo, ia diantarkan ke kaki gunung oleh generasi terbaru Nissan Navara sebelum mendaki.

Dari hujan deras hingga panas terik matahari, Navara terlihat tangguh. Apalagi medan yang dilewati berupa menanjak terjal hingga kemiringan mencapi 60 derajat.

Seperti yang dilakukan oleh Aji, pengemudi Nissan Navara ketika melahap tanjakan-tanjakan ekstrem menuju kaki Gunung Muria dan Gunung Sumbing. Ia mencoba untuk  menggunakan sistem penggerak untuk kondisi terberat, dengan 4LO (4x4 Low Gear).

“Itu tanjakkannya ekstrem, berbatu, dan terjal. Kalo pake 2WD, enggak berasa. Kalau pake 2WD kurang, jadi pake 4LO,” kata Aji kepada KompasOtomotif di kaki Gunung Sumbing, Garung, Wonosobo, Senin (16/5/2016).

Alhasil, dengan sistem penggerak tersebut, Navara dengan lancar membawa Willem ke kaki Gunung Sumbing dan Muria. Memang, dengan sistem penggerak itu, Aji merasakan lebih percaya diri untuk melanjutkan perjalanan di tengah medan yang menantang.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Navara di Kaki Gunung Muria, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Senin (16/5/2016).
“Pertama nyoba 2WD, ga kuat langsung 4LO. Sistem itu jadi nambah akselerasi dan tenaga mobil. Bawa mobilnya pede terus pasti bisa melewati tanjakan,” ucap Aji.

Berbatu Licin

Ia menceritakan untuk mengantarkan Willem ke kaki Gunung Sumbing, ia mesti melewati medan yang berbatu dan licin karena sebelumnya sempat diguyur hujan. Sementara, di Gunung Muria, medan yang dilewati adalah jalan yang di-cor semen dengan kemiringan sekitar 60 derajat.

Layaknya model off-road profesional, All-New Navara punya sistem gerak empat roda untuk kondisi ekstrem, 4LO. Di moda ini, mesin bakal mengeluarkan tenaga dan torsi maksimum pada putaran bawah langsung ke semua roda. 

Cara mengaktifkan 4LO, menekan saklar 4WD lalu menggesernya ke lambang 4LO. Transisi dari 4H ke 4LO hanya bisa dilakukan ketika mobil berhenti dan tuas transmisi pada posisi “N” (netral).

Dalam proses perpindahan, indikator di instrument cluster akan berkedip, pastikan mulai berakselerasi saat indikator tak lagi berkedip. Kecepatan maksimal di kondisi ini 50 kilometer per jam.

Perjalanan Navara dari kaki Gunung Muria hingga ke Gunung Sumbing ditempuh dengan jarak sekitar 187 kilometer. Navara meninggalkan kaki Gunung Muria di Desa Rahtawu, Kudus menuju Desa Garung, Wonosobo.

Navara melintasi jalan tol seperti Banyumanik, Muktiharjo, dan Bawen untuk menuju Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Navara terus memacu putaran mesin YD25DDTI diesel 2.5L commonrail turbo intercooler, tenaga 160 tk, dan torsi 450 Nm hingga tembus di kecepatan 100 kilometer per jam.

Tim Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari All New Nissan Navara kini telah berada di kaki Gunung Sumbing. Gunung dengan tipe stratovolcano ini berketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com