Esemka Mulai Diproduksi Massal Agustus 2016

Kompas.com - 02/06/2016, 15:44 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Informasi terbaru datang dari PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH). Perusahaan otomotif itu rencananya akan mulai memproduksi mobil merek Esemka pada Agustus 2016 di pabriknya Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) menuturkan, sampai menjelang Agustus 2016, perusahaan sedang mempersiapkan semua fasilitas produksi. Sehingga, ketika prototipe sudah siap maka bisa langsung masuk jalur perakitan massal.

Baca juga: Esemka Lebih Fokus ke Mobil Perdesaan

“Semua prosesnya berjalan dengan lancer, harapannya bisa diproduksi sesuai dengan rencana,” ujar Hosea kepada KompasOtomotif, Kamis (2/6/2016).

Mobil yang diproduksi, lanjut Hosea, terdiri dari tiga model, semuanya berada di segmen kendaraan komersial. Ia hanya membocorkan ada satu pikap dan dua lagi masih dirahasiakan.

“Itu untuk produksi di pabrik Cileungsi, kapasitas produksinya per tahun menuju ke 30.000 unit. Ketiga model itu akan kami produksi di sini,” kata Hosea.

Baca juga: Nomor Induk Kendaraan Esemka Sudah Terbit

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah menerbitkan nomor induk kendaraan (NIK) atau vehicle identification number (VIN) untuk PT ACEH. Tahapannya, usai mengantongi NIK, perusahaan bisa langsung membuat prototipe.

“Setelah itu diuji tipe, daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Setelah itu sudah bisa produksi massal,” ujar Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.