Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esemka Mulai Diproduksi Massal Agustus 2016

Kompas.com - 02/06/2016, 15:44 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Informasi terbaru datang dari PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH). Perusahaan otomotif itu rencananya akan mulai memproduksi mobil merek Esemka pada Agustus 2016 di pabriknya Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hosea Sanjaya, Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) menuturkan, sampai menjelang Agustus 2016, perusahaan sedang mempersiapkan semua fasilitas produksi. Sehingga, ketika prototipe sudah siap maka bisa langsung masuk jalur perakitan massal.

Baca juga: Esemka Lebih Fokus ke Mobil Perdesaan

“Semua prosesnya berjalan dengan lancer, harapannya bisa diproduksi sesuai dengan rencana,” ujar Hosea kepada KompasOtomotif, Kamis (2/6/2016).

Mobil yang diproduksi, lanjut Hosea, terdiri dari tiga model, semuanya berada di segmen kendaraan komersial. Ia hanya membocorkan ada satu pikap dan dua lagi masih dirahasiakan.

“Itu untuk produksi di pabrik Cileungsi, kapasitas produksinya per tahun menuju ke 30.000 unit. Ketiga model itu akan kami produksi di sini,” kata Hosea.

Baca juga: Nomor Induk Kendaraan Esemka Sudah Terbit

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah menerbitkan nomor induk kendaraan (NIK) atau vehicle identification number (VIN) untuk PT ACEH. Tahapannya, usai mengantongi NIK, perusahaan bisa langsung membuat prototipe.

“Setelah itu diuji tipe, daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Setelah itu sudah bisa produksi massal,” ujar Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com