Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa “Teriak-teriak”, Mobil Esemka Pasti Jadi!

Kompas.com - 25/05/2016, 18:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Proyek mobil bermerek nasional, Esemka, yang dipelopori PT Solo Manufacturing Kreasi (SMK) semakin melangkah pasti. Sempat hilang dari pemberitaan sejak 2012 lalu, Esemka diam-diam sudah akan merampungkan pembangunan pabriknya.

Dari informasi yang diterima KompasOtomotif, pembangunan tahap pertama diperkirakan rampung pada akhir semester pertama 2016. Sedikit bicara banyak bekerja, nampaknya jadi peribahasa yang cocok untuk ini.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membenarkan eksistensi pabrik yang rencananya akan memproduksi mobil Esemka. Dirinya juga mengaku baru saja diberi info terkait dengan perkembangan Esemka.

“Rencananya begitu, saya baru diinfokan progresnya. Ketika publik bertanya-tanya sebenarnya Esemka macet atau tidak, kami sepakat waktu itu, untuk tidak teriak-teriak, tetapi tetap jalan dan kami ingin menjadikan ini,” ujar Ganjar saat berkunjung ke redaksi KompasOtomotif, Rabu (25/5/2016).

Ganjar mengharapkan, pembangunan pabrik ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu. “Jadi mudah-mudahan penyelesaiannya tepat wakti, sehingga kami bisa betul-betul produksi beneran di sana nantinya. Sudah siap semua, desainnya juga bagus-bagus kok,” ucap Ganjar.

Namun, ketika ditanyakan mengenai pabrik Esemka yang berada di wilayah Cileungsi Bogor, Ganjar mengaku tidak mengetahuinya. “Saya tidak begitu mengerti dengan Cileungsi, mungkin itu terkait dengan kerja sama dengan pihak lainnya (Proton dan Geely),” tutur Ganjar.

Berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, pabrik Esemka berdiri di atas lahan sekitar 13 hektar. Dari informasi yang didapatkan, investasi yang digelontorkan mencapai Rp 2,2 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com