Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nomor Induk Kendaraan Esemka Sudah Terbit

Kompas.com - 12/05/2016, 16:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah menerbitkan nomor induk kendaraan (NIK) atau vehicle identification number (VIN) buat PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang bakal memproduksi mobil merek Esemka. Itu tandanya, realisasi produksi sudah semakin dekat.

Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, menjelaskan, NIK sudah diberikan bulan ini.

“Kami sudah memberikan NIK buat PT ACEH,” ujar Yan saat ditemui di pabrik perakitan Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2016).

Stanly/KompasOtomotif Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali
Menurut pemaparan Yan, permintaan NIK dilakukan oleh kalangan industri otomotif. Dalam hal ini perusahaan yang punya izin sebagai industri perakitan kendaraan bermotor.

“NIK itu diberikan ke perusahaan, ke PT ACEH. Begitu dapat NIK dia lalu membuat prototipe, mobil yang mau diproduksi itu apa. Trus nanti dia uji laik jalan di perhubungan. Trus setelah itu diuji tipe, daftar TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaran Bermotor). Setelah itu sudah bisa produksi massal.” Jelas Yan.

Stanly/KompasOtomotif Esemka Rajawali bekas Jokowi
Rencananya ACEH bakal mulai memproduksi Esemka pada akhir 2016. Dua pabrik sudah disiapkan, di Boyolali, Jawa Tengah, dan Cileungsi, Jawa Barat. ACEH sudah menyiapkan dua model Esemka, yakni jenis MPV dan SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com