Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2016, 15:13 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif –Penjualan mobil sport di Indonesia oleh para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mulai terekam sejak 2008. Prestasi terbaik mendekati 1.000 unit tercatat terjadi pada 2013, setelah itu populasinya semakin menciut hingga total 279 unit pada 2015.

Menurut asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia, Gaikindo, selama ini ada 10 model yang tergolong mobil sport yakni Volkswagen Scirocco, Honda CR-Z, Toyota 86, Subaru BR-Z, Mazda MX-5, Mazda RX-8, Nissan GT-R, Nissan Fair Lady, Peugeot RC-Z, dan Hyundai Veloster. Mulai tahun lalu segmen spesial ini bertembah satu peserta, Daihatsu Copen.

Mobil sport paling laku di Indonesia pada 2015 adalah CR-Z. Menurut data wholesales, model hibrida ini melangkahi pemegang gelar 2014, Scirocco, dengan penjualan 139 unit. Sebelumnya CR-Z pernah menjadi terlaris pada 2013.

Menarik, urutan kedua diisi dua model dengan penjualan sama yaitu Scirocco dan 86. Keduanya laku 53 unit.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Daihatsu Copen di IIMS 2014
Di posisi selanjutnya ada “anak baru”, Copen. Walaupun banyak syarat untuk bisa membeli Copen, roadster dengan panel bodi yang mudah digonta-ganti terjual 14 unit. Selanjutnya ada RC-Z yang laku 13 unit. Bisa jadi program beli RC-Z gratis “mobil murah” yang digelar Peugeot membantu mendongkrak penjualannya.

Peugeot Indonesia Peugeot Indonesia punya tawaran menarik, beli RCZ gratis daihatsu Ayla.
Penjualan model lainnya sudah tidak terekam lagi. Mazda RX-8 terakhir dijual pada 2012 dan Nissan Fair Lady/ GT-R pada 2013. ATPM Subaru kini menghilang dari peredaran, jadi jangan harap ada penjualan kembaran 86, BRZ.

Mobil sport terlaris 2015:

Honda CR-Z 139 unit
Volkswagen Scirocco 53 unit  
Toyota 86 53 unit
Daihatsu Copen 14 unit
Peugeot RC-Z 13 unit
Mazda MX-5 6 unit
Hyundai Veloster 2 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.