Kompas.com - 25/01/2016, 19:14 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Tak hanya Indonesia, evaluasi yang dilakukan Ford Motor Global juga dirasakan kawasan lain. Secara bersamaan, pengumuman penutupan operasi bisnis juga dilakukan untuk Ford Jepang.

Alasannya sama, tidak ada keuntungan yang berkesinambungan dan sulit menaikkan pangsa pasar. Ford menutup semua operasional bisnis di Jepang, termasuk kegiatan diler, penghentian penjualan, dan impor mobil.

Dalam surat elektronik, Presiden Ford Asia Pasifik Dave Schoch, seperti dikutik Reuters, Senin (25/1/2016), mengatakan bahwa pengembangan produk yang telah dilakukan di Jepang akan dipindahkan ke negara lain.

Ford mulai beroperasi di Jepang pada 1974 dan punya 52 diler, serta mempekerjakan 292 orang. Tahun lalu, merek ini menjual sekitar 5.000 unit di Jepang, dan cuma meraup pangsa pasar 1,5 persen di segmen mobil impor.

Langkah yang berat untuk perusahaan saat menjual Fiesta, Mustang, dan Explorer di Jepang. Di kelas itu, merek-merek Jepang mendominasi, termasuk produk-produk dari Honda, Nissan, dan lainnya.

Di luar itu, penjualan di Jepang juga turun drastis akibat permintaan dari konsumen berusia muda yang terus terjun. Ford menyatakan tidak ada pengaruh terhadap kerja sama dengan Mazda Motor Corp di Jepang yang selama ini terjalin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.