Volkswagen Pakai Pengacara GM buat Kawal “Dieselgate”

Kompas.com - 21/12/2015, 15:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Virginia, KompasOtomotif - Volkswagen merekrut Kenneth Feinberg, pengacara yang pernah membantu General Motors (GM) mengatasi masalah dana kompensasi dari recall berjuta-juta kendaraan karena saklar mesin yang rusak. Feinberg kini punya tugas baru, mengawal Volkswagen melewati masa penanggulangan atas “dieselgate”.

Feinberg bakal merancang dan membuat administrasi klaim konsumen pada mesin diesel TDI 2.0L dan 3.0L yang bermasalah. Dia dipercaya bekerja independen, adil, dan melancarkan proses klaim.

“Kami sangat senang mengumumkan Kenneth Feinberg. Pengalaman tingginya menangani hal kompleks akan membimbing kami terus berjalan melakukan hal yang benar dengan konsumen kami,” ujar Michael Horn, Presiden dan CEO Volkswagen Group of Amerika, seperti diberitakan Autoblog, Jumat (18/12/2015).

Nama Feinberg sebagai pengacara sudah tersohor di Amerika Serikat (AS). Sebelum GM, ia pernah menangani kasus tumpahan minyak di teluk Meksiko pada 2010 dan pengeboman Maraton Boston pada 2013.

Pada Oktober lalu, badan perlindungan lingkungan hidup AS, Environmental Protection Agency (EPA), mengungkap Volkswagen telah sengaja menyematkan perangkat lunak khusus yang bisa mengakali uji bahan bakar mesin dieselnya di AS. Volkswagen mengakui kesalahan itu dan sekarang dalam proses pemulihan segala bidang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.